Aparatur Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan meluncurkan inovasi “Lapor Camat” guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Inovasi ini untuk merespon terhadap laporan yang diterima dari masyarakat pada setiap permasalahan yang ada di wilayah Kecamatan Paringin,” kata Sekretaris Camat Paringin Megawati di Balangan, Jumat.

Baca juga: Kadisporapar Balangan harapkan kompetisi antar kecamatan lahirkan atlet berbakat

Abidin menuturkan latar belakang inovasi ini karena pelayanan publik termasuk pelayanan perizinan dan non perizinan merupakan tolak ukur kinerja instansi pemerintah yang paling utama.

Oleh karena itu, lanjut Mega, kualitas pelayanan publik harus diadakan pembaharuan untuk merespon tuntutan masyarakat dan dinamika zaman yang terus berkembang.

Di sisi lain, ujar Mega, masyarakat menuntut pelayanan publik harus lebih profesional, cepat, efektif, sederhana, transparan, terbuka, tepat waktu, responsif dan berkeadilan.

Mega menjelaskan pemilihan ide dari inovasi ini untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, maka Kecamatan Paringin membuat terobosan guna mempermudah pelayanan informasi dari masyarakat agar lebih maksimal melayani dan membantu masyarakat.

Baca juga: Kecamatan Paringin tingkatkan pelayanan publik melalui edukasi permainan anak

Mega menambahkan manfaat inovasi tersebut bagi masyarakat dapat melaporkan informasi atau aduan dengan mudah dan cepat melalui sistem daring (online) dengan cara mengakses "call center" maupun media sosial resmi dari Kecamatan Paringin.

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Paringin Muhammad Abidin menambahkan, kegiatan inovasi ini untuk meningkatkan pelayanan sumber daya manusia (SDM) yang tersedia di kantor kecamatan setempat, aksesbilitas dan pemanfaatan SDM dalam mewujudkan pelayanan prima bagi warga.

“Inovasi ini juga untuk mendukung visi-misi kepala daerah saat ini, yang dilakukan melalui pemanfaatan Satgas Linmas desa, kelurahan, tim reaksi cepat dan SDM lainnya dalam memberikan informasi layanan yang diperlukan,” imbuhnya.

Terakhir, yaitu berorientasi untuk meningkatkan keamanan, ketentraman warga desa dan kelurahan. Dengan adanya kegiatan Lapor Camat sangat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan layanan yang cepat dan tanggap bagi masyarakat.

Diketahui inovasi Lapor Camat tersebut sebelumnya sudah diluncurkan sejak November 2023.

Baca juga: Program Dashat untuk tekan angka stunting

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024