Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan penyaluran daging hewan kurban tepat sasaran pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024. 

"Tahun ini kami memprioritaskan dan menyalurkan daging kurban ke daerah daerah yang jarang menikmati hewan kurban," ucap Wakil Ketua II Baznas Kalsel Gurdani Syukur di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Bupati HST terima penghargaan kelola zakat terbaik BAZNAS RI

Dia mengatakan ada beberapa titik penyaluran daging hewan kurban tersebut salah satu desa di Kabupaten Barito Kuala.

Baznas Kalsel juga memastikan daging kurban yang diterima masyarakat masih dalam keadaan segar dan baik.

"Kami batasi penyaluran daging kurban ke masyarakat tidak melebihi dari jarak tempuh 30 kilometer dari pusat penyembelihan," ujarnya.

Pihaknya pernah menyalurkan daging kurban hingga ke daerah pegunungan Meratus di Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Banjar di Paramasan, dan harus bermalam sebelum pelaksanaan penyembelihan.

"Kami merasa bahagia karena bisa berbagi kepada mereka yang benar-benar sangat membutuhkan, dengan adanya program Kurban Berkah ini masyarakat merasa diperhatikan walaupun jauh dari perkotaan," tuturnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel bantu Palestina Rp4,4 miliar melalui BAZNAS RI

Sementara itu, Kepala Bidang Pendistribusian Baznas Kalsel Noor Huda Fikri menjelaskan bahwa kerja sama dengan dinas terkait telah berjalan selama beberapa tahun belakang ini.

“Dinas ini termasuk dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kalsel yang rajin mengumpulkan infak dan mendukung kegiatan-kegiatan Baznas Kalsel,” tutur Huda.

Pihaknya masih membuka peluang bagi masyarakat Kalsel yang ingin menunaikan ibadah kurbannya melalui Baznas Kalsel.

Selain itu, masyarakat yang ingin berkurban bisa menitipkan ibadah kurban melalui kanal website resmi Baznas Kalsel di https://kalsel.baznas.go.id/kurban atau konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi di WA 0811 5133 613 dan memantau kegiatan Baznas Kalsel di @baznaskalsel.

Baca juga: Bank Kalsel serahkan donasi untuk Palestina Kepada BAZNAS Kalsel

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024