Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan terus berupaya melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan  banyak hal yang harus diperhatikan untuk menghadapi tantangan nasional maupun global.

"Kita perlu memperkuat upaya untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah dengan  meningkatkan kualitas SDM  melalui investasi dalam sektor pendidikan dan kesehatan, menggenjot sektor industri dan pengembangan infrastruktur," jelas Hamida di Tabalong, Kamis.

Termasuk dengan memperkuat daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), meningkatkan kualitas pelayanan publik, menguatkan sektor pertanian guna meningkatkan produktivitas komoditas pertanian dan tanaman pangan serta  pariwisata berbasis desa.

Selanjutnya dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan periode 2025 - 2045 harus  terintegrasi dengan berbagai peluang dan tantangan baik di level provinsi, nasional dan megatrend global.

Sekaligus  dapat menyatukan pemikiran jangka panjang sebagai fondasi awal perubahan dan perkembangan yang cita-citakan.

 Hamida menyebutkan  evaluasi RPJPD Kabupaten Tabalong 2025 - 2045 terdapat beberapa pencapaian diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tabalong tahun 2023 berada di angka 73,85 dan menempati peringkat pertama kluster kabupaten se Kalimantan Selatan.

Sebelumnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang)  Kabupaten Tabalong, Kalimantan  menggelar Musrenbang dalam  RPJPD 2025-2045 guna  menyerap aspirasi baik masukan dan saran dari berbagai elemen.

Kepala Bappedalitbang Tabalong, Arianto mengatakan RPJPD ini wujud komitmen kebijakan yang mengikat namun fleksibel dalam tahapan pelaksanaannya.

"RPJPD  ini  untuk mengakomodasi kepentingan masyarakat yang disusun melalui   proses partisipasi seluruh pemangku kepentingan pembangunan dan menjadi acuan pelaksanakan pembangunan daerah secara berkesinambungan," jelas Arianto.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan penandatangan berita acara kesepakatan bersama Musrenbang 2024 terkait RPJPD 2025 - 2045 oleh Sekda Tabalong Fitri Hernadi, Kepala Bappedalitbangda Arianto, perwakilan BPS, LSM dan Koni Tabalong.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024