Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan melaksanakan rehabilitasi terhadap sebanyak empat unit asrama mahasiswa Balangan di luar daerah mulai dari asrama di Kota Banjarbaru hingga di Kota Malang.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan Taufiqurrahman di Paringin, Kamis, mengatakan tahun ini sudah dianggarkan melalui PUPRP dan bagian umum untuk merehabilitasi sebanyak empat unit asrama mahasiswa di luar daerah.

“Tahun ini pemda sudah menganggarkan rehabilitasi untuk asrama mahasiswa kita di Banjarbaru, Martapura, Malang dan Yogjakarta,” kata Taufiqurrahman.

Menurut Taufiq rehabilitasi asrama mahasiswa tersebut dilakukan untuk kemajuan pendidikan baik melalui program maupun pembangunan fisik agar dapat terus ditingkatkan.

Taufiq melanjutkan salah satu di antaranya yang menjadi perhatian Pemkab Balangan adalah membantu kenyamanan hunian bagi mahasiswa Balangan yang saat ini lagi menempuh pendidikan di luar daerah.

Taufiq menyebutkan saat ini Pemkab Balangan memiliki asrama mahasiswa atau mahasantri sebanyak enam unit yang berada di Amuntai, Martapura, Banjarbaru, Banjarmasin, Yogyakarta dan Malang.

"Saat ini kita memiliki enam bangunan asrama, tetapi ada juga asrama dengan status sewa di Yogyakarta dan Malang untuk mahasiswi Balangan," sebut Taufiq.

Taufiq menambahkan bahwa Pemkab Balangan terus memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa Balangan, agar mereka bisa lebih fokus belajar dalam meraih prestasi.

Terakhir Taufiq berharap dengan perbaikan fasilitas tersebut, semakin banyak putra-putri Balangan yang belajar pada perguruan tinggi di luar daerah agar nanti saat kembali nanti mereka dapat memberikan pengabdian yang terbaik bagi Balangan.

Adapun berdasarkan data dari https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rekap/penyedia/D215, tahun ini rehabilitasi asrama Balangan di Martapura dilaksanakan oleh Dinas PUPRP Balangan dengan total pagu anggaran satu miliar rupiah.

Sementara dari Bagian Umum Sekretariat Daerah Balangan menganggarkan rehabilitasi asrama mahasiswa di Yogyakarta dengan total pagu anggaran Rp199,4 juta.

Kemudian rehabilitasi asrama mahasiswa di Malang Rp192,4 juta dan rehabilitasi asrama mahasiswa di Banjarbaru Rp192,4 juta.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024