Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Balangan jajaran Polda Kalimantan Selatan melaksanakan program Police Goes To School untuk mengedukasi pelajar sejak dini terkait keamanan berlalu lintas di jalan.

“Kedatangan kita ke SDN Harapan Baru merupakan bagian dari program Police Goes to School yang sudah berjalan beberapa tahun belakangan ini,” kata Kasatlantas Polres Balangan Iptu Simon Jumadi di Balangan, Selasa.

Baca juga: Polres HSS terapkan "ETLE" guna deteksi pelanggaran lalu lintas

Simon menyebutkan pihaknya secara aktif menjalankan program tersebut, yaitu bersama anggota Satlantas Polres Balangan menjadwal sejumlah sekolah untuk didatangi termasuk di SDN Harapan Baru.

Menurut Simon program Police Goes to School menjadi sarana Satlantas Polres Balangan untuk memperkenalkan aturan lalu lintas kepada para siswa.

“Para siswa kita ajarkan pengetahuan tentang aturan berkendara, yang utamanya kewajiban menggunakan helm saat berkendara agar menjaga keamanan,” ujar Kasatlantas Polres Balangan.

Sementara itu Kasi Humas Polres Balangan Iptu Eko Budi Mulyono menambahkan, program Police Goes to School menyasar sekolah yang ada di Balangan baik itu tingkat dasar hingga menengah atas. 

Eko menegaskan meski pelajar belum diperbolehkan untuk membawa kendaraan sendiri, para siswa tetap mendapat edukasi dini tentang keamanan dalam berkendara dan diinformasikan aturan tentang kewajiban memiliki surat izin mengemudi (SIM) yang hanya bisa didapat saat berusia 17 tahun.

Eko mengungkapkan Police Goes to School merupakan bentuk edukasi dini kepada pelajar untuk keamanan dan ketertiban dalam berkendara dan berlalu lintas, sekaligus secara tidak langsung mengimbau mereka agar tidak berkendara sebelum waktunya.

Baca juga: Karantina Kalsel: Lapor lalu lintas hewan guna cegah Leishmaniasis

“Program ini pula sebagai upaya Polri, khususnya Satlantas Polres Balangan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Balangan,” ungkap Eko.

Diketahui pada kegiatan tersebut, para siswa yang aktif bertanya dan berinteraksi dengan personel Satlantas Polres Balangan yang menjadi narasumber kegiatan mendapatkan helm secara gratis.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024