Persatuan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar turnamen cabang olahraga binaraga bertajuk "Kalimantan Open Body Building Fitness" di Banjarmasin pada 25-26 Mei 2024.
 
"Kegiatan ini juga sekaligus penataran juri nasional grade b/a 2024," ujar Ketua PBFI Kalsel Mustohir Arifin di Banjarmasin, Minggu.
 
Awalnya, ungkap dia, perlombaan ini untuk kejuaraan tinggal provinsi (Kejurprov), namun karena antusias peserta yang cukup tinggi, lalu menjadi turnamen terbuka.

Baca juga: Bupati HST berikan dana Rp570 juta bagi atlet ikuti POPDA Kalsel 2024
 
"Event ini pun sekaligus menjadi ajang persiapan para atlet menuju PON XXI 2024 di Aceh-Sumut," ujarnya.
 
Diungkapkan dia, turnamen terbuka ini mempertandingkan kelas binaraga 60, 65, 70, 75, 80 dan 80+ kilogram.
 
Kemudian, kelas men’s athletic, kelas men’s sport up to 170, kelas men’s sport over 170 dan kelas men’s woman fitness model.
 
"Semua nomor yang dipertandingkan ini sama seperti di nasional," kata Mustohir.
 
Disampaikan dia, kegiatan ini dirangkai dengan pemberian apresiasi kepada para sponsor yang telah mendukung kegiatan ini, antara lain Dispora Kalsel, Koni Kalsel, persatuan Fintens, Amel GYM dan lainnya.

Baca juga: Menteri AHY bangun chemistry tingkatkan produktivitas lewat olahraga
 
Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Dinas pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Heru Susmianto menyampaikan bangga dan menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan PBFI ini.
 
"Harapannya melalui kegiatan ini, mampu memunculkan bibit-bibit atlet baru yang bisa membawa prestasi Kalsel ke tingkat nasional dan internasional," katanya.
 
Karena Provinsi Kalsel, ungkap dia, menjadi cabang olahraga binaraga menjadi salah satu cabang olahraga andalan untuk meraih medali atau prestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumut.
 
"Untuk PON 2024, ada empat atlet binaraga yang mewakili Kalsel, diharapkan bisa mempersembahkan medali nantinya," demikian katanya.

Baca juga: Ketua KBI Kalsel apresiasi pelatihan dan pengembangan tenaga keolahragaan 2024

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024