Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor (Paman Birin) memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 tahun Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan l, yang digelar di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 Mandapai, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Paman Birin mengatakan, Divisi IV Pertahanan Kalimantan adalah bagian dari sejarah Republik Indonesia yang  diperingati ke-75 tahun, tetap menjadi semangat yang luar biasa dan semangat ini hingga hari ini.

"Semangat  yang diwariskan ini adalah modal bagi kita yang hidup hari ini, kita harus menyadari dan bersyukur bahwa kehidupan kita hari ini ada perjuangan yang dikorbankan oleh para pahlawan dan pejuang kita di masa lalu, termasuk pejuang Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang berpusat di Mandapai dan bergerak di seluruh Kalimantan," ucapnya.

Baca juga: Pemkab HSS gelar silaturrahmi dan lepas JCH berstatus ASN

Dan kepada generasi muda, menurut dia tentunya mereka harus menjadikan semangat juang para pahlawan, menjadi modal dasar mereka yakni belajar, belajar terus belajar untuk mereka siap menghadapi tantangan dan kehidupan sesuai jaman mereka masing-masing..

Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah, menyampaikan Pemkab HSS mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalsel, dalam hal ini Gubernur Kalimantan Selatan yang mengembalikan marwah proklamasi itu ke HSS.

"Harapan kita bagaimana agar generasi muda kita ini bisa mewarisi nilai-nilai juang yang sudah diwariskan para pendiri negara dan para pahlawan-pahlawan mereka berjuang meneteskan keringat, air mata bahkan nyawa untuk kemerdekaan negara ini,” ujarnya.

Dan para pejuang dahulu telah bersaksi bahwa Kalsel ini adalah bagian NKRI, yang sebagaimana sudah dicetuskan oleh para pendiri-pendiri.

Ditambahkan dia, antusiasme para peserta hari ini luar biasa, yang dikemas dengan Napak Tilas Juang dan nanti juga ada pengibaran bendera merah putih besar dan pada malam minggu akan digelar pawai obor jejak juang pejuang Kalimantan.

Baca juga: 55 Anggota PPK dari 11 kecamatan di HSS dilantik

Pada kesempatan itu, Paman Birin menjadi inspektur upacara yang berlangsung dengan khidmat, adapun kegiatan ini juga dihadiri  Forkopimda Kalsel, Forkopimda HSS, Sekretaris Daerah HSS, para Kepala OPD Provinsi Kalsel dan Kabupaten HSS, dan barisan peserta upacara terdiri dari anggota TNI/Polri, Organisasi dan pelajar.

Setelah selesai upacara, dilakukan penyerahan tali asih dan bingkisan untuk veteran/janda veteran dan pelepasan peserta Napak Tilas Juang oleh Gubernur Kalsel, Forkopimda Provinsi Kalsel, Pj Bupati HSS dan, Forkompinda Kabupaten HSS.

Dilanjutkan dengan penyaluran beras sejahtera daerah dan bantuan sosial berupa UEP, PKSA dan BERUPAYA, sekaligus peninjauan bakti sosial sunatan massal dan pasar murah oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Pj Bupati HSS Hermansyah dan forkopimda setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024