Sebanyak 1.338 atlet ikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mulai 13 - 19 Mei 2024.

POPDA diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kalsel bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, diikuti para atlet dari 13 kabupaten dan kota se-Kalsel.

"Selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh atlet pelajar yang datang dari berbagai daerah di Kalsel. Tunjukkan kemampuan yang terbaik, dan semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah,” kata Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin saat membuka kegiatan, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Senin.

Dijelaskan dia, POPDA ini merupakan wahana untuk menjaring bibit-bibit atlet yang potensial dan berprestasi, dan memang tidak sedikit tentunya atlet-atlet berbakat dan berprestasi terjaring dari gelaran POPDA.

Baca juga: 120 atlet dilepas Pj Bupati HSS ikuti POPDA tingkat provinsi 2024

Pihaknya berharap, para peserta yang berlaga di POPDA agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang berharga, agar bisa menunjukkan kemampuan yang terbaiknya.

“Lebih dari itu saya juga menaruh harapan besar POPDA ini tidak hanya berhenti di gelaran semata, tetapi harus bisa menjadi tindak lanjut pembibitan dan pembinaan yang dilaksanakan dengan konsisten,” ungkapnya.

Menurut dia, melalui POPDA pula yang merupakan bagian dari olahraga pendidikan dapat dijadikan sebagai wahana, dalam memperoleh pengetahuan membentuk kepribadian.

Serta, meningkatkan keterampilan serta kesehatan dan kebugaran sekaligus juga dapat mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga.

Sebelumnya, Kepala Dispora Kalsel Hermansyah yang juga menjabat Pj Bupati HSS, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang sudah berhadir dan membuka secara resmi kegiatan POPDA.

Baca juga: Pemprov Kalsel tetapkan POPDA 2024 tingkat provinsi di HSS

"Pada POPDA Tahun 2024 ini mempertandingkan delapan cabang olahraga, yang mana diikuti atlet sebanyak 1.338 orang, memperebutkan 206 medali terdiri 55 emas, 55 perak dan 96 perunggu," terangnya.

Adapun delapan cabang olahraga tersebut yakni, bola basket di lapangan basket Amandit Utama, bola voli di Lapangan Voli Indoor, Stadion Ganda.

Kemudian, bulutangkis di Gedung Olahraga Seni, sepakbola di Stadion 2 Desember, sepak takraw di Gedung Sepak Takraw Bamban.

Selanjutnya, tenis lapangan di Lapangan Tenis Tumpang Talu, tinju di lapangan Tenis Antaludin, pencak silat di Gedung Bela Diri, Stadion Ganda.

Turut hadir dalam pembukaan, Pj Ketua TP PKK HSS Rusnawati Hermansyah, unsur forkompinda provinsi dan kabupaten, Sekda HSS, para asisten setda, para kepala OPD HSS, para wasit, official dan seluruh atlet.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024