Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Yuniati menyampaikan sudah ada dua bakal calon bupati resmi mendaftarkan diri ke kantor DPC PKB HSS.

"Sampai saat ini yang sudah dua mendaftar penjaringan di DPC PKB HSS yaitu saya sendiri, Yuniati, dan Pak Syafrudin Noor atau biasa akrab disapa Udin Ansyar," ujarnya dalam keterangan, di Kandangan, Selasa.

Dijelaskan Yuni, dari mendaftar penjaringan di DPC PKB HSS akan diserahkan ke DPP PKB, untuk menentukan siapa bakal calon yang akan direkomendasikan yang akan diusung dalam Pilkada 2024 mendatang. 

Pihaknya pun mengapresiasi Udin Ansyar yang telah datang untuk melamar, dan menyerahkan pendaftaran bersama rombongan ke Kantor DPC PKB HSS.

Baca juga: PDIP HSS buka penjaringan bacabup dan bacawabup selama sebulan

Berdasarkan survey yang dilakukan secara internal, Yuniati menjelaskan bahwa ada chemistry antara Udin Anshar dan PKB, karena bakal calon ini dekat juga dengan para ulama.

"Apalagi Pak Udin Anshar juga kebetulan menjabat sebagai Ketua PC NU Tapin masa khidmat 2020-2025, namun intinya kita tentunya akan menunggu dulu rekomendasi resmi dari  DPP PKB," terangnya.

Selain itu, dirinya yang juga Ketua DPC PKB HSS juga diminta agar ada internal partai juga mendaftar, dalam artian sebagai kader ada niat untuk membesarkan PKB.

Sementara itu, Udin Ansyar, mengatakan untuk maju di Pilkada HSS mendatang dirinya sudah melamar ke enam partai politik (parpol) di HSS, yakni ke Partai Gerindra, NasDem, Gelora, PAN, PPP, dan PKB.

“Alhamdulillah sampai hari ini sudah ada enam partai yang kita daftar,” ujarnya usai menyerahkan berkas pendaftaran penjaringan di DPC PKB.

Baca juga: NasDem HSS siap berkoalisi pada Pilkada 2024

Diharapkan dia, parpol yang dilamar mengusung dan mendukungnya, untuk maju dalam pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di bulan Agustus 2024 mendatang.

Terkait untuk bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi, dirinya sudah menyebutkan sudah ada berkoordinasi terkait hal itu.

“Tunggu saja nanti saat pendaftaran, yang jelas orang dari Kabupaten HSS juga,” ungkapnya tanpa menyebutkan nama.

Diketahui Udin Ansyar merupakan salah satu bakal calon bupati yang bakal meramaikan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di HSS, sebelumnya menjabat Wakil Bupati Tapin periode 2018-2023.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024