Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih suara terbanyak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Pemilihan Umum 2024 berdasarkan hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

PKS meraih enam kursi dari 30 kursi di DPRD Kabupaten HSS berdasarkan rapat pleno penetapan hasil Pemilu yang digelar KPU setempat di Kandangan.

"Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka kita, telah menetapkan PKS sebagai pemenang Pemilu 2024 di Kabupaten HSS," kata Ketua KPU Kabupaten HSS Gusriadi di Kandangan, Jumat.

Dijelaskan dia, PKS meraih enam kursi terdiri dari Dapil 1 sebanyak tiga kursi, Dapil 2 (dua kursi) dan Dapil 3 (satu kursi).

Dari 30 anggota DPRD Kabupaten HSS terpilih 10 anggota baru terpilih di Dapil 1, yaitu Nor Mariana dari PAN, Erlin Faulita (PDIP), Ibnu Safari Rahman (PPP) dan Juni  atau Jack (Partai Gelora).

Kemudian, Dapil 2, yaitu Herry Rosadi (PKS), Mutia Selvana (Gerindra), Yulia Rahmi (PAN), dan Ahmad Rizali (PDIP), sedangkan Dapil 3 terdapat Muhammad Rizali (PDIP) dan Bustami (PPP).

Baca juga: NasDem HSS siap berkoalisi pada Pilkada 2024

“Jadi ada 10 anggota baru yang terpilih untuk DPRD HSS, sementara 20 orang lainnya merupakan orang lama,” ungkapnya.

Berdasarkan Pasal 52 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024 menyebutkan calon DPRD terpilih wajib melaporkan harta kekayaan paling lambat 21 hari sebelum pelantikan.

“Kalau tidak melaporkan maka tidak akan dilantik, pelantikan DPRD terpilih diserahkan ke daerah masing-masing, dan untuk jadwal dan tempatnya kita serahkan ke pemerintah daerah,” terangnya.

Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi DPD PKS HSS Fakhrul Aidi Sarpani bersyukur DPD PKS Kabupaten HSS menjadi pemenang pada Pemilu untuk kelima kalinya.

Menurut dia, PKS menjadi pemenang di HSS sejak 2004, 2009,2014, 2019, dan 2024 kembali meraih posisi teratas,” ucapnya.

Dari enam kursi diraih PKS, lima orang lama dan satu orang baru dengan caleg peraih suara terbanyak Haji Akhmad Fahmi (HAF) yang saat ini menjadi Ketua DPRD HSS dengan 4.811 suara.

Baca juga: DPC PKB HSS buka penjaringan bakal calon kepala daerah pilkada 2024

Diketahui, PKS meraih enam kursi disusul Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Golongan Karya (Golkar), PDI Perjuangan masing-masing meraih empat kursi berdasarkan hasil rapat pleno terbuka KPU Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024