PT PLN (Persero) mendukung penuh penyelenggaraan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 guna memperkuat kolaborasi untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.
 
Diketahui, PLN untuk kali ketiga terlibat pada pameran khusus kendaraan listrik yang akan diselenggarakan mulai 30 April-5 Mei 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Penggunaan SPKLU di Kalselteng meningkat hingga 1.900 persen
 
Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko melalui keterangan tertulis dikutip Humas PLN UID Kalselteng di Banjarbaru, Ahad, menilai dukungan dan kontribusi berbagai mitra termasuk PLN penting pada PEVS 2024 guna mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.
 
Moeldoko berharap penyelenggaraan PEVS 2024 semakin memperluas pemahaman masyarakat tentang kendaraan listrik.
 
"Kita berharap penyelenggaraan PEVS bisa semakin memperlebar jangkauan edukasi, mempersempit gap dan memperluas pemahaman masyarakat tentang kendaraan listrik," ujar Moeldoko.
 
Menurut Moeldoko, jika dulu jangkauan hanya beberapa, tapi edukasi kepada publik semakin meningkat dengan baik dan diharapkan pemahaman masyarakat terhadap kendaraan listrik yang berdampak positif terhadap pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. 

Baca juga: Pasutri penjelajah dunia dengan mobil listrik jajal SPKLU PLN di Banjarmasin
 
Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mewakili Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, menjelaskan dukungan penuh PLN melalui penyediaan infrastruktur kendaraan listrik secara masif di tanah air. PLN telah mengoperasikan lebih dari 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.800 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 1.900 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU). (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

"Kita lihat perkembangan dari PEVS, setidaknya ada beberapa yang bisa dilihat. PEVS telah menjadi ajang promosi, berapa banyak sekarang brand yang kita hadirkan di sini kurang lebih 82 brand sehingga perkembangan yang sungguh luar biasa," ucap Moeldoko.
 
Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mewakili Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, menjelaskan dukungan penuh PLN terhadap ekosistem kendaraan listrik melalui penyediaan infrastruktur secara masif di Indonesia.
 
"Alhamdulillah, PLN berkolaborasi dengan mitra saat ini telah mengoperasikan setidaknya lebih dari 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.800 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 1.900 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU)," sebutnya.
 
Dikatakan Edy, ketersediaan infrastruktur EV ini sudah sangat mencukupi, di mana bisa dilihat pemudik EV tahun ini meningkat 5 kali lipat dari tahun sebelumnya sehingga mereka dapat mudik nyaman, tanpa masalah, tidak ada keluhan dan antrian menumpuk.
 
"Perseroan tahun ini juga akan mengembangkan sebanyak 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik yang tersebar di seluruh Indonesia, baik ditanam pada tiang besi maupun yang ditempel pada tiang beton," lanjut Edi.

Baca juga: PLN resmikan mobil "High Voltage Insulated Skylift" di puncak hari listrik nasional
 
Ditambahkan Edy, Guna mengakselerasi penambahan infrastruktur EV di Indonesia, PLN juga membuka kemitraan dalam mengembangkan SPKLU dan SPBKLU dan melalui PEVS 2024 ini, perseroan terus menyosialisasikan kelebihan kendaraan listrik dibanding kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat.
 
"Hal itu, juga selaras agenda transisi energi yang dijalankan Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emissions pada 2060. Kami juga terus bekerja sama dengan berbagai stakeholder seperti Periklindo mengedukasi masyarakat beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan," kata Edi.
 
Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung optimistis penyelenggaraan PEVS 2024 lebih meriah dari tahun sebelumnya dan berharap ajang PEVS dapat menjadi pelopor akselerasi kendaraan listrik di Indonesia.
 
"Kami berharap pameran dapat dimanfaatkan semua peserta sebagai ajang promosi, edukasi, dan pertemuan bisnis bagi pelaku industri kendaraan listrik untuk saling mendukung perkembangan industri. Semoga pameran, sukses dan meriah sehingga menghasilkan transaksi yang lebih lagi dari tahun lalu," kata Daswar.

Baca juga: Jokowi resmikan pabrik mobil listrik pertama Indonesia, PLN : Siap dukung

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024