Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengembangkan wisata memancing di aliran Sungai Kemuning untuk meningkatkan jumlah wisatawan.
 
Guna mendorong pengembangan objek wisata, Aditya menebar bibit ikan di Sungai Kemuning yang bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kecamatan Banjarbaru Selatan di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Wali Kota promosikan objek wisata Banjarbaru
 
"Kami berharap penebaran bibit ikan ini bisa mendorong dan memajukan sektor pariwisata dengan semakin banyaknya pengunjung ke Sungai Kemuning dengan salah satu tujuan adalah memancing," ujar Aditya.
 
Menurut Aditya, penebaran bibit ikan selain untuk meningkatkan populasi ikan di sungai terbesar di wilayah Kota Banjarbaru itu, juga bertujuan mendukung langkah untuk menjaga ekosistem sungai yang sehat.
 
Aditya menekankan Sungai Kemuning yang dulu hanya dianggap sebagai saluran pembuangan, kini mengalami transformasi signifikan menjadi salah satu destinasi wisata memancing favorit di wilayah itu.
 
"Pemkot Banjarbaru berupaya memperbaiki kualitas air sungai seperti program pembersihan sungai secara rutin sehingga kualitas air semakin baik dan menjadi lingkungan yang sehat bagi ekosistem ikan," ungkapnya.
 
Dikatakan Aditya, saat ini kondisi air di Sungai Kemuning cukup bersih dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan memancing karena cukup banyak ikan yang masih bisa ditebar dan hidup di lingkungan sungai.

Baca juga: Wawali Ingin Kampung Pelangi Jadi Objek Wisata
 
"Kami mewacanakan ke depan untuk membuka pintu air di daerah Jalan Jeruk sehingga aliran sungai bisa lebih baik dan air tetap terjaga baik kualitas maupun kebersihan agar bisa dimanfaatkan," katanya.
 
Lurah Guntung Paikat Muhammad Arifin mengatakan alasan memilih lokasi tempat penebaran bibit ikan di Sungai Kemuning Guntung Paikat karena terdapat area sungai yang cocok bagi aktivitas memancing.
 
"Sungai Kemuning memiliki area yang kedalaman cukup sehingga bisa menjadi tempat hidup bagi ikan dan bisa dijadikan lokasi bagi para pemancing untuk memancing ikan di area itu," ucapnya.
 
Selain menjadi tempat hidup dan berkembang biak ikan, Aditya mengungkapkan Sungai Kemuning juga dapat membuka peluang pengembangan pariwisata melalui budidaya ikan yang dapat dilakukan masyarakat.
 
"Kami berharap, wisata memancing di Sungai Kemuning dapat semakin berkembang dengan dukungan dari Pemkot Banjarbaru sehingga jadi wisata pilihan bagi masyarakat yang ingin memancing," katanya.

Baca juga: Pemkot Tidak Bisa Kelola Wisata Danau Seran

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024