Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil menurunkan stunting ke angka 13 persen dan capaian itu telah melampaui target nasional yang ditetapkan di angka 14 persen pada 2024.

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Jumat, mengatakan berdasarkan hasil survei kesehatan Indonesia (SKI) pada 2023, Kabupaten HST mengalami penurunan angka stunting secara signifikan dari 31,01 persen pada 2022, turun menjadi 13 persen pada akhir 2023.

Baca juga: Pemkab HST beri balita vitamin A cegah stunting di Hari Gizi Nasional

“Target nasional pada penurunan angka stunting pada 2024 adalah 14 persen, ini artinya Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah berhasil mencapai target bahkan melampaui,” ujarnya.

Ia menuturkan meskipun sudah mencapai target nasional, Pemkab HST tidak akan mengurangi intervensi atau bahkan justru akan lebih giat menurunkan angka stunting hingga di bawah 13 persen atau mencapai angka nol persen.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi yang sangat kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, lembaga terkait, serta masyarakat yang berkontribusi besar terhadap penurunan angka stunting di Hulu Sungai Tengah,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab HST audit kasus stunting di 11 desa

Menurut Aulia, capaian menurunkan angka stunting sebanyak 18,01 persen dari 31,01 persen menjadi 13 persen, catatan itu merupakan kerja keras seluruh pihak yang terus melakukan intervensi yang mana dinas kesehatan, dinas sosial, dan tim percepatan penurunan stunting berperan besar sebagai pengambil kebijakan. 

Dia menekankan prestasi tersebut bukan hanya sekedar capaian tetapi juga sebagai modal untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks ke depan.

Karena itu, Aulia menegaskan pemerintah daerah siap memfasilitasi segala kegiatan dan kebutuhan yang berkaitan dengan program untuk mengentaskan stunting di Hulu Sungai Tengah hingga ke angka nol persen.

“Dengan kerja sama pada semua pemangku kepentingan dalam menurunkan stunting, saya yakin Kabupaten HST tidak hanya yang terbaik di Kalsel saja, tetapi juga di tingkat nasional nantinya,” ujarnya lagi.

Baca juga: Pemkab HST salurkan 5.255 kg telur untuk 1.051 anak stunting

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024