Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Tradisional Daerah (PORTRADA)


"Saya berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel telah menetapkan Kabupaten HSS sebagai tuan rumah," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah.  Selasa.

Dijelaskan, kegiatan tersebut digelar untuk kawasan Kalsel, melombakan lima cabang, yakni layang-layang aduan, lari balok, enggrang, sumpitan dan balogo.

Baca juga: Haji Kartoyo : Aerobik bersama KORMI-ASIAFI HSS untuk umum dan gratis

Kegiatan tersebut bertujuan menghidupkan olahraga tradisional yang secara turun temurun ada di Kalsel, sehingga generasi muda kita semakin menggeluti olahraga tradisional.

Disamping saat ini olahraga tradisional sudah dipertandingkan bahkan hingga tingkat nasional melalui ajang PORTRADA.

"Ajang ini juga menunjang UMKM, karena dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat HSS dengan perputaran uang dari penjualan produk dan jasa dari UMKM," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi KORMI HSS sudah menyiapkan kegiatan, berbangga sinegisitas terjalin pemprov dengan pemerintah daerah dan KORMI HSS.

Adanya sinergitas tersebut tentu menjadi kekuatan bersama, dalam upaya semakin menggelorakan olahraga tradisional di Kabupaten HSS.

Baca juga: Haji Kartoyo : Festival KORMI lestarikan olahraga tradisional dan sambut hari jadi

"Melalui kegiatan ini kita ingin minat dan apresiasi masyarakat terhadap olahraga tradisional semakin meningkat, sehingga warisan budaya lestari dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Pihaknya mengundang partisipasi dari berbagai kelompok dan komunitas se-Kalsel, dalam ajang tersebut yang diselenggarakan dari tanggal 24 sampai 27 April 2024 di Kabupaten HSS.

Turut hadir, Pj Ketua TPPKK HSS Rusnawati Hermansyah, Sekrertaris Daerah Muhammad Noor, Ketua KORMI HSS Kartoyo dan pengurus, forkopimda, asisten, staf ahli, dan para kepala OPD terkait.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024