Program diskon tiket oleh PT Dharma Lautan Utama (DLU) di awal Ramadhan telah berhasil mengurai penumpukan pemudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan jelang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

"Alhamdulillah tidak ada lagi pemudik yang harus berdesak-desakan di hari-hari terakhir keberangkatan sebelum lebaran," kata Kepala Cabang PT DLU Banjarmasin Anton Wahyudi di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: ARUS MUDIK - Arus lalu lintas jalur mudik di Banjarbaru ramai lancar

Diketahui DLU memberikan diskon sebesar 25 persen bagi pemesan tiket lebih awal dari jadwal mudik Lebaran yang berlaku sejak awal puasa Ramadhan hingga 19 Maret 2024.

Harapannya agar pemudik mau mudik lebih awal dan tidak perlu menunggu mendekati Lebaran.

Anton menyebut dengan terurainya pemudik itu otomatis membuat penumpang kapal juga lebih nyaman ketika berada di gedung terminal pelabuhan hingga proses naik ke atas kapal.

"Jadi tidak perlu berdesak-desakan, semuanya bisa teratur dan lebih longgar," ucapnya.

Baca juga: ARUS MUDIK - Wali Kota Aditya lepas angkutan mudik gratis warga Banjarbaru
 
Petugas DLU memasangkan gelang tiket kepada penumpang KM Dharma Kartika II. (ANTARA/Firman)


Fasilitas lengkap dan mewah yang ditawarkan DLU juga menjadi daya tarik masyarakat untuk memilih kapal-kapal DLU ketika mudik ke pulau Jawa.

Baik KM Dharma Rucitra I maupun KM Dharma Kartika II, sama-sama kapal mewah milik DLU yang menawarkan sensasi berlayar begitu nyaman selama perjalanan laut.

Seperti diungkapkan Dewi Lestari (38), pemudik asal Kabupaten Kediri yang mengaku senang bisa menumpang kapal KM Dharma Kartika II yang hari ini membawanya sekeluarga mudik ke Surabaya.

Baca juga: ANTARA ambil bagian "Mudik Asik Bersama BUMN 2024"

"Kami sudah tiga tahun terakhir ini memilih kapal DLU untuk mudik ketimbang naik pesawat, selain lebih murah juga dapat menikmati perjalanan laut dengan anak-anak," ujarnya.

Selama musim mudik Lebaran tahun ini, DLU tercatat sudah mengangkut sekitar 10 ribu penumpang asal Banjarmasin tujuan Surabaya hingga memasuki H-3 Lebaran.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024