Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin melepas keberangkatan angkutan mudik gratis yang disiapkan pemerintah kota bagi masyarakat di kota itu.
 
"Alhamdulillah, tahun ini Pemkot Banjarbaru kembali memasilitasi angkutan mudik gratis bagi warga yang ingin pulang kampung," ujar Aditya usai melepas armada bus di depan Balaikota Banjarbaru, Ahad.
 
Menurut Aditya, Pemkot menyiapkan sebanyak enam armada bus ukuran besar dan kecil yang mengantarkan sebanyak 150 anggota keluarga ASN dan pegawai lain termasuk warga kota yang ingin pulang kampung.
 
Aditya menuturkan, ratusan warga itu diantarkan sesuai kota tujuan di Banua Anam yakni Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.
 
"Tujuan angkutan mudik gratis bagi warga Banjarbaru untuk membantu meringankan beban sehingga tidak lagi memikirkan biaya dan bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman," ucap Aditya.
 
Sebelum melepas keberangkatan armada bus, Aditya memasuki dua buah bus dan memberikan bekal kepada penumpang untuk berbuka puasa seraya mendoakan selama perjalanan diberikan kelancaran.
 
"Semoga perjalanannya lancar dan selamat sampai tujuan sehingga bisa berhari raya bersama keluarga di kampung halaman," kata Aditya didampingi Kadishub Banjarbaru Muhammad Mirhansyah.
 
Dikatakan Mirhansyah, jumlah masyarakat yang diantarkan pulang ke kampung halaman menggunakan enam armada bus sesuai kuota yang disiapkan sebanyak 150 orang meski pun pendaftarannya 157 orang.
 
"Jumlah penumpang bus sesuai kuota 150 orang dan bagi mereka yang pulang kampung tujuan ke Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru diarahkan ikut angkutan mudik Pemprov Kalsel," ujarnya.
 
Mirhansyah menambahkan, pemudik diantarkan sampai ke kota tujuan dan singgah di terminal atau kantor bupati yang selanjutnya diantarkan ke tempat tinggal masing-masing menggunakan armada bus daerah.
 
"Armada bus Pemkot Banjarbaru hanya mengantarkan ke terminal atau kantor bupati yang menjadi titik persinggahan. Informasi pemerintah daerah yang mengantarkan mereka hingga ke rumah," tutur Mirhan.
 
Sementara, jadwal pemulangan akan disesuaikan kondisi dan waktunya ditetapkan tanggal 14 April 2024 sehingga pemudik arus balik harus mengikuti jadwal tersebut jika ingin balik ke Kota Banjarbaru.
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024