Arus lalu lintas jalur mudik di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang menjadi jalur perlintasan kendaraan dan orang ramai lancar empat hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.
 
"Arus lalu lintas di Jalan Jenderal Ahmad Yani di wilayah Banjarbaru ramai lancar, tidak ada hambatan apalagi terjadi kemacetan parah yang menggangu arus lalu lintas," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.
 
Menurut Mirhansyah, kelancaran arus lalu lintas di Banjarbaru yang menjadi perlintasan utama menuju kawasan Banua Anam karena para pemudik tidak bersamaan jadwal pulang ke daerahnya.
 
Diketahui, pemudik yang melintasi Kota Banjarbaru berasal dari Kota Banjarmasin maupun pemudik dari luar pulau melalui jalur Bandar Udara Syamsudin Noor dan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
 
"Kami berharap, kelancaran arus lalu lintas ini terus berlangsung hingga menjelang Idul Fitri. Soal kapan puncak arus mudik, sepertinya tidak terjadi karena arus kendaraan lancar mengalir," ucapnya.
 
Dikatakan, pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian dan anggota tim terpadu lainnya mengamankan jalur lalu lintas dengan menempatkan personel di posko pelayanan dan posko pengamanan.
 
"Penempatan personel dilakukan sesuai jadwal sebanyak tiga regu dalam satu hari dimana satu regu terdiri dari 6 hingga 7 orang yang standby di posko pelayanan pada sejumlah titik," tuturnya.
 
Disebutkan, kemacetan lalu lintas justru terjadi di kawasan dalam kota yang tersebar di sejumlah lokasi karena aktivitas warga baik karena munculnya pasar dadakan maupun banyaknya warung kuliner.
 
"Namun kemacetan di dalam kota bersifat insidentil dan terjadi saat menjelang sore hari seiring aktivitas masyarakat memenuhi kebutuhan berbuka puasa sehingga terjadi kemacetan di tempat itu," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024