Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto mengimbau masyarakat untuk dapat melaksanakan mudik lebih awal guna menghindari terjadinya kemacetan ataupun tumpukan penumpang pada angkutan umum dan alat transportasi lainnya.

"Jangan sampai mendekati lebaran baru mudik karena mobilitas masyarakat pasti tinggi-tingginya," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Situasi keamanan di Kalsel terkendali selama Ramadhan

Dia pun berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang tersedia baik oleh Polda Kalsel maupun pemerintah daerah.

Khusus Polda yang dikoordinir Direktorat Lalu Lintas menyiapkan kuota untuk 500 orang bagi pemudik asal Banjarmasin tujuan berbagai wilayah kabupaten di provinsi itu dengan jadwal keberangkatan Jumat, 5 April 2024.

Dalam gelaran Operasi Ketupat Intan 2024 untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah selama 12 hari terhitung mulai 4 sampai 16 April 2024, Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 1.175 personel dibantu juga ratusan petugas gabungan dari berbagai unsur termasuk TNI.

Baca juga: 4,8 kilogram sabu jaringan Malaysia digagalkan masuk Banjarmasin

Kapolda menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergisitas semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang merayakan lebaran.

"Semua aspek sudah kita siapkan dan antisipasi termasuk mitigasi bencana jika sampai terjadi setiap unsur sudah mengetahui apa yang harus dilakukan dengan tetap mengedepankan koordinasi," jelasnya.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto bersama Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Robertho Pardede. (ANTARA/Firman)


Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Robertho Pardede menambahkan personel polantas disiagakan untuk pengaturan lalu lintas pada titik-titik rawan macet dan rawan kecelakaan yang telah dipetakan bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Provinsi Kalsel.

"Fokus kita bagaimana mudik aman tanpa kecelakaan, arus lalu lintas lancar dan tidak ada gangguan kamtibmas selama perjalanan," ungkapnya.

Baca juga: Polda Kalsel antisipasi kerawanan gangguan keamanan saat Lebaran  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024