Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto menyebutkan situasi keamanan terkendali dan tidak terjadi peristiwa pidana menonjol yang berpotensi mengganggu keamanan masyarakat selama Ramadhan 2024.

"Alhamdulillah ibadah puasa telah memasuki 10 hari terakhir dapat kita lalui dengan tenang tanpa adanya gangguan berarti," kata dia di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: 600 pasukan Polda Kalsel kawal pleno rekapitulasi penghitungan suara

Terciptanya situasi yang kondusif,  menurut Winarto,  tidak terlepas dari upaya preemtif dan preventif yang terus dilakukan jajaran kepolisian mengawal keamanan di tengah masyarakat.

Sejumlah potensi kerawanan yang biasa muncul saat Ramadhan, seperti aksi tawuran pemuda ataupun balap liar bisa dicegah sehingga tidak menimbulkan peristiwa pidana berarti.

"Dari awal kan kami sudah wanti-wanti masyarakat jangan ada yang menggelar sahur on the road ataupun hal-hal lainnya yang kontra produktif karena bisa rawan memicu gesekan," tegas Winarto saat acara buka puasa bersama para wartawan di Banjarmasin.

Maka dari itu, Winarto memerintahkan jajaran Polda Kalsel dan polres meningkatkan patroli selama Ramadhan, termasuk patroli skala besar pada setiap akhir pekan.

Kapolda Kalsel menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah sama-sama menciptakan situasi aman dan nyaman, sehingga umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk termasuk Shalat Tarawih berjamaah di masjid ataupun mushala.

Begitu juga awak media, dia menilai telah membantu memberikan kesejukan  melalui pemberitaan positif dan mencerahkan sebagai acuan informasi masyarakat berkaitan Ramadhan dan berbagai hal lainnya untuk diketahui publik.

Baca juga: IMAPA Kalsel minta semua pihak hormati hasil Pemilu 2024
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto foto bersama awak media. (ANTARA/Firman)

Sementara Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel Toto Fachrudin mewakili puluhan jurnalis yang hadir mengapresiasi langkah Polda dan jajaran dalam menjalankan tugas mengawal keamanan wilayah selama ini.

"Kami para wartawan sebagai mitra kepolisian tentu terus mendukung apa yang menjadi kebijakan Bapak Kapolda Kalsel mengawal kamtibmas," ucapnya.

Turut hadir mendampingi Kapolda antara lain Kabid Humas Kombes Pol Adam Erwindi, Direktur Intelkam Kombes Pol Sentot Adi Dharmawan dan Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Kelana Jaya.

Baca juga: Warga Alalak minta Kapolda Kalsel tambah Bhabinkamtibmas


Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024