Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) -Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Kamis 3 Nopember 2016.

      Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, demikian rilis Humas Pemkot Banjarmasin, Kamis.
      Selain itu tujuannya mengoptimalkan pengembangan dan perbaikan kinerja demokrasi yang berdasarkan Indeks Demokrasi Indonesia; dan Meningkatan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam usaha pembelaan Negara dilandasi oleh kecintaan pada tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia dengan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945.
      Dalam sambutan Wali Kota Banjarmasin yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemko Banjarmasin Iwan Fitriady, SH, MH menyampaikan bahwa nilai-nilai bela negara tidak hanya didasasi oleh kegiatan fisik semata yang identik dengan angkat senjata.
      Namun bela negara merupakan bagian dari pembinaan mental, karakter dan paradigma seorang pegawai, sehingga mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan, untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara sekaligus pelayan masyarakat. Juga bertujuan untuk  membentuk karakter disiplin dan etika sebagai aparatur dalam rangka pembinaan sumber daya manusia.
      Sebagai aparatur sipil negara diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam segala bentuk pelayanan, peningkatan dan perkuatan bela negara.
      “Melalui Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya dalam upaya menjadi aparatur yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh. Agar terwujud dengan kekuatan pemerintahan yang amanah demi Kota Banjarmasin Baiman (Barasih Wan Nyaman)”, ujar Ibnu Sina.
      Sambutan di akhiri dengan Pembukaan secara resmi Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemko Banjarmasin Iwan Fitriady, SH, MH.
      Narasumber pada Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin diantaranya : yaitu DR. Acep Supriadi, M.Pd, M.AP (FKIP Unlam) dengan materi “Merajut Nusantara Menuju Indonesia Baru Melalui Pancasilan dan UUD-1945” dan Mayor Inf. Masrani, S.Ag (Danramil 1007-03 Banjarmasin Barat) dengan materi “Kesadaran Bela Negara Dalam Ketahanan Nasional”.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016