Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina dilantik menjadi Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Kalsel periode 2024-2027.
 
Ibnu Sina dilantik Presiden DMDI Internasional Tun Seri Setia H Mohammad Ali Rustam di Balai Kota Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Presiden Dunia Melayu Dunia Islam buka MTQ Antarbangsa
 
Setelah dilantik, Ibnu Sina mengucapkan rasa syukur karena dipercaya memimpin DMDI Provinsi Kalsel dan berharap didukung untuk bisa menjalankan hubungan baik dengan negara-negara tetangga.
 
Dia menyampaikan DMDI Provinsi Kalsel tidak akan berhenti sebatas pelantikan saja.
 
"Jadi ke depannya kita akan membuat kegiatan yang tentunya bermanfaat, seperti di bidang kuliner mungkin. Karena Tun Seri Setia berminat untuk membuka kedai Melayu di Banjarmasin," ungkapnya.
 
Dia juga menyebutkan ada banyak kegiatan yang dapat ditindaklanjuti oleh DMDI Provinsi Kalsel, salah satunya program penghafal Al Quran, yaitu aplikasi ngaji AI yang telah diunduh hampir 10 ribu pengguna.

Baca juga: Ketum DMDI: Viralkan orang Banjar di Kalimantan lebih Melayu
 
"Ada 500 jenis suara yang sudah direkam, ada bermacam logat, suku, bahasa di seluruh dunia. Jadi pembelajaran secara langsung dan interaktif sehingga bisa dievaluasi saat belajar," ujar Ibnu Sina.
 
Seusai dilantik, Ibnu Sina bersama Presiden DMDI Internasional Tun Seri Setia Tun Seri Setia H Mohammad Ali Rustam serta Ketua Umum DMDI Indonesia H Said Aldi Al Idrus menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang lomba Majelis Tilawatil Quran (MTQ) Antarbangsa ke-14 yang digelar di Banjarmasin, 29-30 Maret 2024.
 
Kegiatan yang dilangsungkan DMDI dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) tersebut diikuti kafilah lima negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Baca juga: Nida Khairiyah juara tiga MTQ Internasional di Banda Aceh

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024