Yayasan Sabilal Rasyad Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar khitanan massal gratis bagi warga tidak mampu serta kaum dhuafa di sekitar Komplek Pondok Pesantren Tahfiz Desa Lumbang.

Ketua Yayasan Sabilal Rasyad H Syarkawi Sukri mengatakan sunatan massal gratis ini untuk membantu warga tidak mampu, kaum dhuafa maupun fakir miskin di Desa Lumbang dan sekitarnya.

Baca juga: Pemkab Tabalong berikan dana hibah Rp200 juta untuk Ponpes Desa Lumbang

"Kami sekeluarga ingin membantu meringankan beban hidup warga yang kurang mampu melalui kegiatan sunatan massal ini," ungka Syarkawi di Tabalong, Sabtu.

Sunatan massal diikuti 30 anak dengan melibatkan tim medis dari Puskesmas Muara Uya dan RSUD H Badaruddin Kasim Maburai.

Antusias warga Desa Lumbang dan sekitarnya cukup tinggi meski lokasi sunatan di Masjid Ali cukup jauh dari permukiman warga.

Masjid Ali sendiri dibangun dari dana hibah Pemkab Tabalong tahun anggaran 2023 sebesar Rp75 juta di atas lahan sekitar tiga hektare yang telah dihibahkan Syarkawi selaku ketua Yayasan Sabilal Rasyad.

Baca juga: Dua rumah di Desa Lumbang terbakar

Syarkawi menambahkan setelah masjid Ali berdiri tahap selanjutnya pembangunan Ponpes Tahfiz Sabilal Rasyad berupa asrama santri sebanyak tiga lokal dengan kapasitas tiap lokal sebanyak 20 santri.

"Kami bercita-cita ingin menggodok para santri dan orang-orang yang mau menghafal Alquran di Ponpes Sabilal Rasyad," ungkap Syarkawi.

Ia pun memohon dukungan dan doa  dari para pihak agar ponpes Tahfiz Desa Lumbang ini bisa beroperasi untuk mencetak para penghafal Alquran.

Saat ini akses menuju masjid Ali sekitar  750 meter dari jalan raya Desa Lumbang juga belum beraspal karena itu perlu dukungan pemerintah daerah dan pihak lainnya agar memudahkan aktifitas majelis Sabilal Rasyad menuju masjid.

Baca juga: Pemdes Muara Uya alokasikan Rp720 juta untuk bangun infrastruktur desa

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024