Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mengerahkan sebanyak 55 unit mini bus untuk melayani arus para pemudik lebaran 1445 Hijriah secara gratis.

"Sebanyak 55 bus mini tersebut kira-kira bisa mengangkut 1.000 pemudik," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel M Fikri Hernadi, usai mengikuti rapat Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Kalsel persiapan gelar paralayang internasional

Selain itu, di harapan DAMRI bisa membantu satu bus sehingga angkutan pemudik jumlah lebih maksimal,. sedangkan dari Organda kemungkinan tidak bisa karena masalah teknis, kendati tahun lalu mereka berharap bisa terlibat, tambahnya.

Pansus III DPRD tersebut membahas LKPj Kepala Daerah atau Gubernur Kalsel Tahun 2023 bidang pembangunan dan infrastruktur, serta termasuk perhubungan.

Ia menerangkan fasilitasi untuk transportasi para  pemudik tersebut kemungkinan tanggal 6 dan 7 April 2024 sudah mulai beroperasi.

Jurusan Banjarmasin hingga Tanjung (berjarak sekitar 237 kilometer) atau sebaliknya, serta Banjarmasin-Kotabaru (sekitar 300 km) ibukota Kabupaten Kotabaru atau sebaliknya.

Baca juga: Polda Kalsel sita aset terlapor investasi BBM bodong miliaran

"Pendaftaran pemudik akan dibuka pada Senin 1 April 2024. Jadi warga masyarakat silakan pantau dan mendaftar melalui aplikasi tersebut," kata Fikri.

Ia menambahkan angkutan lebaran dari Pemprov Kalsel hanya untuk mudik, sedangkan buat balik (pulang) sendiri-sendiri karena biasanya kepulangan tidak bersamaan atau berbarengan.

"Kita harapkan pemudik kali ini lebih nyaman tidak terkendala transportasi. Namun pemudik tetap ingat atau hati-hati saat meninggalkan rumah harus betul-betul aman seperti tidak menimbulkan kebakaran," demikian Fikri.

Baca juga: Pemkab HSS selaraskan program Provinsi Kalsel melalui RKPD 2025

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024