Pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin, Kalimantan Selatan bersama "English Language Students Association" (ELSA) atau Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Banjarmasin mengedukasi sejumlah anak dan remaja mengenai ilmu agama dalam memanfaatkan libur sekolah pada Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah melalui kegiatan Pesantren Ramadhan.

Ketua I Bidang Imaroh (Memakmurkan Masjid) Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin H Ilyan Noor di Banjarmasin, Selasa, mengatakan pengurus masjid harus mengagendakan rutin kegiatan ini setiap tahun karena berdampak positif bagi peserta.

Baca juga: PDM Kotabaru berkunjung ke Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin

"Melalui kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk pendidikan generasi calon pemimpin yang relegius yang pandai berkomunikasi," kata Ilyan Noor yang juga Pengasuh Panti Insan Kamil Banjarmasin.

Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah 13 Banjarmasin Yunan Nasution menambahkan pihaknya mengapresiasi Pesantren Ramadhan tersebut, namun perlu meningkatkan tata kelola pendidikan bagi peserta.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat baik panitia atau pun peserta, tanpa mereka kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik," tutur Yunan Nasution.

Baca juga: Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin kumpulkan UMKM se-Kota Banjarmasin

Peserta Pesantren Ramadan yang berjumlah 95 pelajar dari berbagai sekolah SD, SMP, SMA/SMK tersebut mendengarkan materi yang disampaikan narasumber dan mengikuti beberapa lomba keagamaan, seperti Adzan, Tahfidz, Mewarna dan Cerdas Cermat seputar materi yang disampaikan.

Seluruh peserta juga mendapatkan bingkisan, piagam serta voucher belanja sebesar Rp5.000 selama dua hari yang akan ditukarkan pada bazar di Masjid tersebut.

Selanjutnya, acara tersebut diakhiri dengan buka bersama dan Shalat Maghrib berjamaah.

Baca juga: Milad ke-111 Muhammadiyah di Banjarmasin gelorakan kebersihan

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024