Balangan, (Antaranews Kalsel) - Direktorat Pengelolaan Media Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), menggelar pertunjukan rakyat, di Kabupaten Balangan, Kalsel.

Gelaran hiburan rakyat tersebut dalam rangka penyampaian sosialisasi gerakan nasional revolusi mental. dengan tajuk Pertunjukan Rakyat Revolusi Mental "kita berubah untuk Indonesia, Bisa!".

Direktur Pengelolaan Media Publik, Dirjen IKP Kemenkominfo Drs Sunaryo MM, Minggu, (30/10) di Paringin menjelaskan, Revolusi Mental adalah gerakan seluruh rakyat Indonesia bersama Pemerintah untuk memperbaiki karakter bangsa menjadi Indonesia yang lebih baik.

Dalam hal ini ungkap Sunaryo, mengedepankan kreatifitas demi menegaskan nilai Bangsa merupakan hal yang positif, seperti kreatif dalam mengembangkan budaya lokal dan adat lokal.

"Gerakan sosial ini haruslah dipahami setiap masing-masing individu sebagai gerakan menuju Indonesia lebih baik, baik itu di bidang seni, pemerintahan, dan lainnya," ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisi I DPR-RI Syaifullah Tamliha, yang merupakan putera kelahiran Lampihong, Kabupaten Balangan mengungkapkan, bentuk kesenian lokal harus terus dikembangkan dan dibudayakan.

"Kita berharap kesenian lokal seperti Mamanda, Madihin, Wayang Orang, Musik Panting, Tari Adat Dayak dan semua yang kita miliki, bukan hanya menjadi budaya lokal, namun harus menjadi budaya dan kekayaan Nasional," terangnya.

Dengan kreatifitas membangun tersebut, Ujar Tamliha, dapat membuat kita terhindar dari Narkoba, dan menuju ke kehidupan lebih baik dan Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan yang digelar di Terminal Paringin, Kabupaten Balangan, dihadiri oleh Bupati dan wakil Bupati Balangan, H Ansharuddin dan H Syaifullah, beserta jajaran para Kepala Dinas Lingkup Pemkab Balangan, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi serta Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) setempat.

Kegiatan tersebut mempertunjukkan kesenian lokal wilayah Kalimantan Selatan serta Kabupaten Balangan, berupa Madihin dari John Tralala, Wayang Orang dari Kecamatan Juai, Musik Panting dari Sanggar Barinting Paringin, serta penampilan Vera Borneo, jebolan akademi musik KDI.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016