Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi hujan disertai petir pada sembilan daerah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan pada Minggu.
 
Hujan disertai petir itu diprediksi pada sore hari, meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala.

Baca juga: Kalsel berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada Jumat siang
 
Selanjutnya Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Utara.
 
Sedangkan empat kabupaten lainnya, yakni, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu hanya mengalami hujan dengan intensitas ringan di waktu yang sama.
 
Hujan diprediksi bertahan hingga malam hari sekitar pukul 20.00 Wita.
 
Masyarakat diminta waspada karena hujan bisa disertai angin kencang.

Baca juga: BMKG imbau waspada hujan badai tujuh daerah di Kalsel
 
BMKG juga menginformasikan prakiraan gelombang, yakni, untuk perairan Kalimantan Tengah bagian Timur angin bertiup dari Timur-Tenggara sekitar 5-14 knot dengan ketinggian gelombang antara 0,5-1,25 meter.
 
Selanjutnya pada Laut Jawa bagian Timur angin bertiup dari Barat Laut-Utara sekitar 5-11 knot dengan tinggi gelombang antara 0,5-1,25 meter.
 
Demikian juga pada Laut Jawa bagian Tengah angin bertiup dari Timur Laut-Tenggara sekitar 2-15 knot dengan ketinggian gelombang antara 0,5-1,25 meter.
 
Terakhir perairan Kotabaru angin bertiup dari Utara-Timur sekitar 2-15 knot dengan ketinggian gelombang antara 0,1-0,5 meter.

Baca juga: Enam kabupaten di Kalsel berpotensi hujan pada Ahad

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024