Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan enam kabupaten di Kalimantan Selatan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Ahad sekitar 14.00 Wita hingga Senin (18/3) pukul 08.00 Wita.

Berdasarkan situs https://signature.bmkg.go.id di Banjarmasin, Ahad, menyebutkan kondisi umum Kalimantan Selatan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah.

Baca juga: BMKG prediksi hujan ringan terjadi di wilayah Kalsel siang hari

Wilayah tersebut meliputi Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kota Banjarbaru meliputi wilayah Liang Anggang dan sekitarnya.

Kabupaten Tanah Laut terdiri dari wilayah Kurau, Bumi Makmur.

Kabupaten Banjar diperkirakan akan terjadi di wilayah Aluh Aluh, Gambut, Aranio, Beruntung Baru.

Kabupaten Tanah Bumbu di wilayah Kusan Hilir.

Baca juga: BMKG: Suhu Kalsel sentuh 34 Celcius pada Jumat Ramadhan

Kabupaten Kotabaru diperkirakan di wilayah Pulau laut Tengah.

Suhu udara di perkirakan antara 24-33 derajat celsius dengan kelembaban udara diperkirakan berkisar antara 60-95 persen.

BMKG juga menginformasikan prakiraan gelombang di perairan Kotabaru dengan ketinggian maksimum 0.5 hingga 2 meter dengan arah angin utara timur 4-20 knot.

BMKG mengeluarkan peringatan potensi banjir pesisir berlaku mulai tanggal 17 hingga 22 Maret meliputi wilayah Muara Sungai Barito berupa banjir pesisir (ROB).

Baca juga: Wilayah Kalsel diprediksi hujan ringan disertai petir pada Ahad siang

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024