Unilever Indonesia menerapkan perilaku hidup sehat kepada ribuan santri dan masyarakat umum pada momen Bulan Ramadhan di Kalimantan Selatan melalui beberapa program pelayanan dan edukasi kesehatan secara gratis.

Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia Nurdiana Darus di Banjarmasin, Kamis, mengatakan pihaknya menggelar edukasi dan beberapa program yang mencakup perilaku hidup sehat, yakni menjaga kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan, dukungan kebersihan masjid, donasi bahan pangan, hingga pelatihan pengembangan diri.

“Perilaku hidup sehat sangat penting apalagi pada momen Bulan Suci Ramadhan, masyarakat tentunya berusaha meningkatkan ibadahnya. Sehingga Unilever perlu memberikan dukungan agar masyarakat Kalimantan Selatan lebih nyaman menjalankan ibadah puasa,” ujarnya.

Nurdiana menyebutkan program tersebut bekerja sama dengan Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

“Melalui brand Lifebuoy, kami memberikan edukasi kesehatan kepada 700 santri di Pondok Pesantren Darussalam Martapura,” katanya.

Sementara melalui brand Pepsodent, pihaknya memberikan edukasi dan perawatan kesehatan gigi dan mulut secara gratis kepada para santri.

Menurut dia, hal itu sangat diperlukan karena berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Rikesda) pada 2018 menunjukkan Kalimantan Selatan masuk dalam tiga besar provinsi dengan permasalahan kesehatan gigi dan mulut tertinggi di Indonesia, dengan penyakit gigi berlubang menjadi penyakit yang paling banyak ditemui.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Ahmad Sawiti berharap program yang digelar Unilever Indonesia dapat diterapkan lebih luas lagi ke pesantren lainnya di provinsi tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Unilever Indonesia karena program ini sangat berdampak positif,” ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura KH Ahmad Tarhib mengatakan kegiatan tersebut sangat tepat karena bersamaan dengan momentum Bulan Ramadhan.

“Menjaga perilaku hidup bersih tidak hanya momen Ramadhan, setiap hari kita harus bisa menjaga kebersihan. Namun, kita manfaatkan momentum Ramadhan ini agar lebih maksimal lagi menerapkan perilaku hidup sehat,” ucapnya.

Selain itu, Unilever bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia menggelar aksi “Gerakan Masjid Bersih 2024” di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin melibatkan 150 relawan membersihkan area masjid.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024