Pemuda Bakti Banua Yayasan Hasnur Centre, Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Puskesmas Margasari memberikan pelayanan kesehatan secara gratis lewat program Bulan Kesehatan bagi warga di Desa Sungai Salai Hilir, Kecamatan Candi Laras, Kabupaten Tapin.

Koordinator Pemuda Bakti Banua Wawan Prasetyo di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan program Bulan Kesehatan tersebut mengusung tema “Banua Maju dengan Mengutamakan Kesehatan”, dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pola hidup sehat.

“Kegiatan diikuti ratusan peserta mulai dari pelajar hingga masyarakat umum,” ujarnya.

Wawan menuturkan kegiatan pelayanan kesehatan yang digelar pada Sabtu (9/3) itu, sebagai upaya pemuda untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang sehat jasmani.

“Kami berharap pelayanan kesehatan ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, dan semoga menjadi langkah awal membangun komunitas yang sehat serta peduli satu sama lain,” katanya.

Ia menyebutkan program Bulan Kesehatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan berupa medical check-up, antara lain gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemeriksaan lainnya.

Kemudian senam sehat bersama yang diikuti sebanyak 122 siswa usia 7-12 tahun, senam dikenalkan kepada pelajar sebagai bagian penting dari pola hidup sehat.

Selanjutnya, sekitar 60 peserta dari kalangan dewasa diberikan edukasi pencegahan dan pengobatan terkait bahaya demam berdarah dengue (DBD).
Pemuda Bakti Banua Yayasan Hasnur Centre foto bersama usai pelayanan kesehatan pada program Bulan Kesehatan di Desa Sungai Salai Hilir, Kecamatan Candi Laras, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Hasnur Centre)

Selain itu, ada juga edukasi tentang bahaya merokok kepada 74 siswa usia 10-12 tahun dengan tujuan memberikan pemahaman agar pelajar mengetahui dampak kesehatan yang disebabkan merokok.

Berikutnya edukasi pola hidup bersih dan sehat kepada siswa berusia 7-10 tahun, pelajar diberikan pemahaman pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Pada sesi terakhir, sebanyak 40 siswa perempuan berusia 13-17 tahun mengikuti edukasi pencegahan stunting dan anemia, dengan harapan agar para pelajar memahami pentingnya gizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Setelah menyelesaikan berbagai rangkaian pelayanan kesehatan, Pemuda Bakti Banua membagikan sejumlah bantuan kepada masyarakat berupa 50 paket alat sikat gigi, 468 pouch gel anti nyamuk, dan 160 keping obat penambah darah untuk mencegah anemia.

Sementara itu, Penanggungjawab Program Bulan Kesehatan Fajar, mengatakan Yayasan Hasnur Centre yang merupakan CSR Hasnur Group berkomitmen untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Program Bulan Kesehatan ini sebagai salah satu bentuk komitmen kami untuk hadir membangun SDM yang sehat jasmani,” ujar Fajar.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024