Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menambah enam program studi (prodi) mengantongi akreditasi Unggul di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang diterbitkan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).


"Selamat kepada semua prodi atas pencapaian luar biasa ini, ULM merasa bangga dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.


Adapun enam prodi tersebut yakni Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan IPS, Prodi Pendidikan Komputer dan Prodi Teknologi Pendidikan.

Enam prodi ini menyusul Prodi Pendidikan Fisika yang tahun ini juga telah terlebih dahulu meraih akreditasi Unggul.


Terbitnya akreditasi Unggul setelah melalui rangkaian penilaian dan asesmen lapangan oleh tim LAMDIK yang merupakan sebuah lembaga  bertugas melakukan proses akreditasi di bidang kependidikan.


Status akreditasi Unggul berlaku lima tahun terhitung 2024 hingga 2029 guna menjamin mutu sebuah program studi kependidikan untuk terus meningkatkan dan memajukan pendidikan di Indonesia. 


Rektor berharap dengan terus bertambahnya status akreditasi Unggul di tingkat prodi, ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di kawasan regional Kalimantan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan pendidikan dan penelitian di Indonesia.


Diketahui predikat Unggul merupakan strata tertinggi dalam akreditasi yang diberikan kepada prodi dengan nilai akreditasi A dan memenuhi syarat masuk predikat Unggul.


Saat ini ULM memiliki 115 prodi dengan enam di antaranya telah mengantongi akreditasi internasional, 30 prodi akreditasi Unggul dan 36 prodi akreditasi B.


Sedangkan khusus di FKIP ULM dari total 21 prodi sarjana, 17 prodi akreditasi Unggul, tiga prodi akreditasi A dan satu prodi akreditasi B.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024