Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pasar Ramadhan.

"Pasar Ramadhan dengan mengusung teman Ramadhan Cake Fair 2024 dilaksanakan selama sebulan dengan menyediakan 35 stan untuk pelaku UMKM dan sektor kuliner secara gratis," kata Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar di Batulicin, Rabu.

Baca juga: Diskumdagri Tanah Bumbu cegah inflasi jelang Ramadhan 2024

Bupati Zairullah didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Tanah Bumbu Syamsuddin, mengatakan pasar Ramadhan mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sehingga kesejahteraan dan pendapatan masyarakat juga semakin meningkat.

Di sisi lain, agenda pasar Ramadhan yang melibatkan ratusan pelaku UMKM juga membantu memasarkan produk lokal agar lebih dikenal masyarakat secara luas.

"Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan produk UMKM, kami bersyukur bahwa agenda pasar Ramadhan juga dapat membantu umat islam dalam menyediakan menu buka puasa," tutur Zairullah.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudporapar Tanah Bumbu Edy Sukmawardi menambahkan pasar Ramadhan yang menjadi agenda tahunan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah mengakomodir pelaku UMKM.

Baca juga: Operasi Pasar Ramadhan di Tanah Bumbu berakhir

"Para pedagang semakin kreatif dalam menyajikan dan mengembangkan usaha mereka sehingga para pengunjung semakin tertarik untuk membeli," ucap Edy.

Sementara itu, salah satu pengunjung pasar Ramadhan asal Desa Kupang Berkah Jaya Kecamatan Simpang Empat Umy Halimah mengaku senang dan menyambut baik pasar Ramadhan.

"Alhamdulillah, tahun ini ada lagi pasar Ramadhan, banyak pilihan kue yang bisa dipilih untuk menu berbuka puasa" tuturnya.

Diakui Umy Halimah, tahun sebelumnya pemerintah tidak mengadakan pasar Ramadhan. Kini pemerintah menggelar kembali dan masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan takjil buka puasa. 

Bukan hanya itu, pasar Ramadhan juga dijadikan masyarakat sebagai sarana untuk berwisata sambil menunggu waktu buka puasa atau ngabuburit.

Baca juga: Ketua PKK Tanah Bumbu buka operasi Pasar Ramadhan
 
Pengunjung memadati pasar Ramadhan untuk berbelanja aneka kue dan produk UMKM sambil menunggu waktu buka puasa atau ngabuburit di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (13/3/2024). (ANTARA/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024