Petugas dari Dinas Sosial (Dinsos)  dan Satpol PP Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengamankan satu orang pria diduga alami Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang meresahkan warga Kecamatan Simpang Empat.

"ODGJ tersebut sangat meresahkan warga yang tinggal di Jalan Transmigrasi Kecamatan Simpang Empat karena berkeliaran dan masuk ke toko maupun rumah warga," Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu Liana Hamita di Batulicin Rabu.

Parahnya lagi ODGJ tersebut berkeliaran di tempat umum tanpa menggunakan pakaian atau telanjang.

"Yang bersangkutan kini sudah diamankan. Saat ini ada di Rumah Singgah Dinas Sosial Tanah Bumbu di Gunung Tinggi untuk penanganan selanjutnya," terang Liana.

Sebelumnya, Dinsos Tanah Bumbu sudah pernah melakukan penanganan terhadap yang bersangkutan. Termasuk bimbingan terhadap keluarganya agar melakukan perawatan ODGJ tersbut

Namun, ibu kandungnya yang selam ini merawat ODGJ tersebut kini sudah meninggal sehingga yang bersangkutan tidak terurus.

Selain itu, Dinas Sosial juga sudah memberikan pembinaan lanjut kepada yang bersangkutan dan pihak keluarga.

"Petugas gabungan dari Dinsos, Dinkes, Babinsa, dan Aparat Desa Baroqah Kecamatan Simpang Empat telah memberikan pembinaan pada ODGJ dan keluarga yang bersangkutan," termasuk ODGJ lain yang ada di Tnaha Bumbu," tegasnya.

Dan hari ini Dinsos melakukan assasmen terhadap terduga ODGJ oleh Penyuluh Sosial dan TKRSPD Bidang Rehabilitasi Sosial.

Tindakan yang akan di lakukan yakni di sarankan di bawa ke RSUD agar untuk mengetahui kondisi kejiwaan dan solusi lebih lanjut.  

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024