Seorang Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Muhammad Ridowi memotivasi warga Desa Handil Birayang Atas Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan agar giat bercocok tanam padi.

"Awal motivasinya dengan adanya ketahanan pangan dari pemerintah," ujar Bripka Muhammad Ridowi usai acara panen raya padi di Desa Handil Birayang Atas, Kabupaten Tanah Laut, Senin.

Baca juga: Pj Bupati Tanah Laut panen raya padi varietas siam cantik

Sebagai Bhabinkamtibmas, Ridowi mengatakan tidak bisa berdiam diri, namun harus memotivasi masyarakat melakukan aktivitas yang bermanfaat.

"Kita tidak bisa hanya memadahi (memberi arahan) saja tapi harus bergelut di situ. Bagaimana mau memberi arahan kalau saya tidak bergelut di situ," ungkapnya.

Dia mengakui suka bertani dan berkumpul dengan masyarakat, kebetulan mayoritas masyarakat di Desa Handil Birayang Atas berprofesi sebagai petani.

"Sehingga saya bisa bergaul dengan kelompok tani, toko obat-obatan pertanian dan orangtua seorang petani," tutur Ridowi.

Lebih lanjut, Bhabinkamtibmas yang membawahi Desa Bumi Harapan, Desa Handil Birayang Atas dan Desa Handil Suruk tersebut mengaku ikut menanam padi di atas lahan seluas 40 borong atau lebih dari satu hektare untuk memotivasi masyarakat setempat.

Baca juga: Warga Desa Tebing Siring harapkan pemda perbaiki jalan

"Sebenarnya dari kegiatan pertanian ini anak muda jangan malu. Karena pertanian saat ini sangat menguntungkan," tutur Ridowi.

Ridowi mengungkapkan kegiatan menanam padi maupun palawija menguntungkan bagi masyarakat.

"Kalau lahan satu hektare hasil produksi padi untuk belanja setahun cukup saja," ungkap Radowi.

Dia berharap pemerintah daerah mendukung kegiatan menanam masyarakat untuk memajukan sektor pertanian.

Penjabat Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman mengapresiasi anggota kepolisian yang memotivasi dan terjun langsung bertani di Desa Handil Birayang Atas.

"Atas motivasi itu saya memberikan penghargaan kepada Brigadir Polisi Kepala Muhammad  Ridowi," kata Syamsir.

Diketahui, petani memanen padi tiga varietas, yakni Siam Lani, Siam Cantik dan Ampari di atas lahan seluas 25 hektare di Desa Handil Birayang Atas dengan perkiraan produksi sekitar 3,5 ton per hektare pada musim tanam Oktober 2023-Maret 2024.

Baca juga: Pemkab Tanah Laut panen padi lokal Siam Lani capai 6,5 ton per hektare

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024