Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Dispera KPLH HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan aksi bersama susur sungai dan pilah sampah pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.

Kegiatan tersebut dirangkai membersihkan sungai dan menanam pohon di Kecamatan Loksado Kabupaten HSS.

"Aksi bersama kita mulai dengan penanaman pohon di halaman Masjid Al-Ettihad Loksado, dilanjutkan dengan susur sungai untuk membersihkan sampah plastik," kata Kepala Dispera KPLH HSS Ronaldy P Putra saat dikonfirmasi di Kandangan, Minggu.

Ronaldy menjelaskan kegiatan pelestarian lingkungan tersebut sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 2 Tahun 2024 terkait HPSN 2024 dilakukan dengan gerakan serentak di seluruh Indonesia.

Baca juga: Pemkab HSS arak penghargaan Adipura 2023

Aksi bersama didukung penggerak pariwisata dan lingkungan yang akan melaksanakan susur sungai termasuk dari "river tubing" dan penggerak lainnya.

"Ada sekitar 100 orang pegiat kita, dimulai dari daerah hulu banyu, melakukan pembersihan khususnya sampah-sampah plastik di bantaran sungai," tutur Ronaldy.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah bersyukur dapat mengikuti pelaksanaan rangkaian peringatan HPSN berlokasi di wilayah Loksado.

Menurut dia, beberapa agenda telah dilaksanakan termasuk penanaman pohon untuk pelestarian alam dan tempat ibadah di kawasan Loksado.

Baca juga: Kota Kandangan kembali raih Adipura kelima kali

"Ikut serta dalam aksi bersih-bersih sungai, bersama para relawan kebersihan, relawan pariwisata, semuanya kita turun untuk membersihkan sungai ini, yang merupakan kawasan hulu," jelasnya.

Ditambahkan dia, penanganan sampah harus secara terintegrasi, serta berharap momen HPSN menyadarkan seluruh elemen masyarakat terkait sampah tidak hanya menjadi bencana, tetapi juga menjadi nilai.

Sebelum pembukaan kegiatan susur sungai dan pilah sampah, Pj Bupati HSS menyerahkan satu kendaraan Tossa dan tempat ATM sampah plastik.

Selain Pj Bupati HSS, turut hadir juga Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSS Rusnawati Hermansyah, dan turut dihadiri Sekda M Noor, pimpinan OPD, Camat Loksado, Danramil, serta kepala desa setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024