Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Akhmad Fahmi (HAF) menyatakan pelatihan jurnalistik dapat meningkatkan literasi dan komunikasi.

HAF menyampaikan itu saat membuka pelatihan jurnalistik komunitas Mitra Insan Pers Daerah (MIPD) HSS bertemakan "Go To School" yang diikuti 50 pelajar SMAN 1 Kandangan.

HAF di Kandangan, Kamis, mengatakan pelatihan jurnalistik menjadi penting untuk mengasah literasi atau kemampuan membaca, menulis, serta berkomunikasi bagi para pelajar termasuk membuat karya jurnalistik sesuai kaidah kode etik jurnalistik.

"Ini sangat positif, karena ke depannya kita banyak berkomunikasi, berkomunikasi yang baik salah satunya ditunjang kemampuan literasi, seperti maraknya media sosial juga menuntut kita menggunakan tulisan atau konten yang bijak dan menarik," ujar.

Baca juga: PT AGM-MIPD HSS latih pelajar SMA soal jurnalistik
 
Ketua DPRD HSS Haji Akhmad Fahmi memberikan hadiah kepada pelajar SMAN 1
Kandangan yang mengikuti pelatihan jurnalistik di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Rabu (6/3/2024). (ANTARA/Fathurrahman)

Dijelaskan HAF, kegiatan ini membantu para pelajar merangkai kata menjadi kalimat yang terangkai beberapa alinea sehingga menghasilkan karya tulis berkualitas dengan belajar dari para jurnalis yang

Ketua DPRD Kabupaten HSS juga memotivasi para pelajar agar senantiasa giat menuntut ilmu, memanfaatkan waktu belajar dengan optimal agar dapat mencapai cita-cita yang dihajatkan melalui proses.

"Insya Allah nantinya apa yang dipelajari saat ini akan bermanfaat di masa-masa mendatang, kalian adalah para penerus yang siapa tahu jadi pejabat di masa depan, tentunya kemampuan literasi dan komunikasi perlu dikuasai," terangnya.

Kepala SMAN 1 Kandangan Herniyati Handayani menuturkan pihaknya bersyukur para pelajar menjadi salah satu sasaran dari pelatihan jurnalistik MIPD HSS.

Menurut dia, memang banyak teori yang bisa dipelajari saat ini dengan mengakses konten-konten di media sosial, semua orang tak terbatas tempat dan waktu dapat mempelajarinya, namun peran guru dan narasumber tetap tak tergantikan.

Baca juga: Kajari HSS ingatkan bijak dan taat aturan dalam bermedia sosial

"Saya berpesan agar para pelajar kita mengikuti pelatihan jurnalistik untuk menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan, disamping jurnalistik telah dilombakan Kemendikbud Ristek RI sehingga bisa jadi bagian dari persiapan,"  ungkapnya.

Adapun pelatihan menghadirkan narasumber dari pewarta LKBN ANTARA Kalsel Fathurrahman dan jurnalis Kalimantan Post Muhammad Hidayat yang merupakan Sekretaris PWI Kabupaten HSS.

Pemkab HSS , DPRD HSS, MIPD HSS dan PT Antang Gunung Meratus DPRD menggelar pelatihan rutin mengenai jurnalistik bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Selain itu,  sejumlah perusahaan, seperti PT Subur Agro Makmur, PT Surya Langgeng Sejahtera, PT Tirta Amandit, Kejaksaan Negeri HSS, serta RSIA Permata Bunda turut berpartisipasi pada pelatihan jurnalistik tersebut.

Baca juga: Seminar jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit bina jurnalis muda daerah
 
Pelajar SMAN 1 Kandangan mengikuti pelatihan jurnalistik di Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Rabu (6/3/2024). (ANTARA/Fathurrahman)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024