PT Antang Gunung Meratus (AGM) menggandeng komunitas Mitra Insan Pers Daerah (MIPD) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) guna melatih 50 pelajar SMAN 1 Kandangan terkait materi jurnalistik.

Perwakilan Manajemen PT AGM Ahmad Syahdeni di Kandangan, Kamis, mengatakan kegiatan ini menjadi bagian dari pembinaan untuk komunitas wartawan di daerah sekaligus menjadi ajang edukasi dan informasi yang positif membina kreatifitas menulis generasi muda.

"Kami berharap dengan terlaksananya pelatihan jurnalistik tersebut, dapat menumbuhkan minat dan kemampuan menulis, mengenal lebih dekat dunia jurnalistik, serta membina insan-insan muda yang berbakat di bidang ini," kata Ahmad.

Baca juga: Dandim HSS motivasi mahasiswa jadi jurnalis
 
Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi (tengah) bersama Kepala SMAN 1 Kandangan Herniyati Handayani membuka pelatihan
jurnalistik di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Rabu (6/3/2024). (ANTARA/HO-Sohib Fahmi)

Dijelaskan dia, kemitraan dengan MIPD HSS sudah terjalin lama dan telah terlaksana berbagai bentuk kegiatan pembinaan untuk internal komunitas wartawan ataupun umum.

Panitia Pelaksana Salahuddin mengapresiasi dukungan PT AGM untuk mengadakan pelatihan jurnalistik kepada pelajar maupun masyarakat.

"Berbeda dari event sebelumnya, untuk pelatihan kali ini kami mengangkat tema "MIPD Go To School,", menyapa adik-adik kita di SMAN 1 Kandangan dan menjadi pelatihan jurnalistik pertama bagi pelajar yang langsung mendatangi sekolah," ujarnya.

Sebelumnya, MIPD HSS membina kalangan mahasiswa secara rutin dan setelah terlihat perkembangan dan menunjukkan kemajuan, serta kemandirian, kemudian menyasar pelajar.

MIPD HSS berencana melaksanakan pelatihan serupa pada beberapa sekolah lain di Kabupaten HSS, seperti Daha dan Kecamatan Loksado.

Baca juga: LPM STAI Darul Ulum Kandangan gandeng MIPD HSS gelar pelatihan jurnalistik

Salahuddin juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Kandangan Herniyati Handayani beserta jajaran yang telah memberikan bantuan kerja sama pelatihan bagi pelajar.

Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi sekaligus sebagai pembicara utama membuka kegiatan yang dirangkai pemberian materi dari dua narasumber, yakni Fathurrahman dari LKBN ANTARA Biro Kalimantan Selatan dan Muhammad Hidayat dari Kalimantan Post.

Bahkan Ketua DPRD HSS tersebut memberikan hadiah bagi peserta pelatihan jurnalistik yang diikuti puluhan pelajar SMA tersebut.

Materi pelatihan terkait jurnalistik dasar meliputi pengenalan umum jurnalistik, kode etik jurnalistik, bahasa jurnalistik, menggali ide berita dan teknik reportase, teknik penulisan berita, penyuntingan naskah hingga fotografi.

Baca juga: PT Antang Gunung Meratus dukung peningkatan kapasitas wartawan MIPD HSS
 
Para pelajar SMAN 1 Kandangan mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar PT Antang Gunugn Meratus-MIPD Hulu Sungai Selatan (HSS) di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Rabu (6/3/2024). (ANTARA/HO-Sohib Fahmi)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024