Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar mudik gratis jalur kereta api rute dari Jakarta melalui program “Mudik Asik Bersama BUMN” pada Idul Fitri 2024 atau 1445 Hijriah.

Direktur Utama (Dirut) LKBN ANTARA Akhmad Munir dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Rabu, mengatakan mudik bersama yang dirancang LKBN ANTARA dijadwalkan akan diberangkatkan menggunakan Kereta Api Gumarang kelas bisnis dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta dengan tujuan akhir Stasiun Pasar Turi Surabaya pada 6 April 2024.

Baca juga: ANTARA asah pewarta produksi berita pembangunan daerah

“ANTARA berkomitmen untuk terus peduli akan kebutuhan transportasi pemudik dalam merayakan Lebaran di kampung halaman,” ujarnya.

Munir menyebutkan untuk titik pemberhentian pada keberangkatan, antara lain Bekasi, Jatibarang, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, dan Lamongan.

Pendaftaran telah dibuka pada 1 Maret 2024 dengan kuota sebanyak 60 peserta, dan langsung terisi penuh hanya dalam waktu dua jam karena antusiasme yang sangat tinggi.

“Diharapkan program ini dapat turut membantu pemerintah dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri dan dapat mempermudah masyarakat memperoleh tiket mudik,” katanya.

Baca juga: ANTARA-PLN UID Kalselteng tingkatkan kolaborasi publikasi pelayanan publik di Kalsel

Mudik Bersama ANTARA 2024 merupakan kegiatan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perum LKBN ANTARA yang rutin dilaksanakan sejak 2017, namun sempat terhenti karena pandemi COVID-19 pada 2021-2022.

Munir menjelaskan mudik bersama dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian ANTARA kepada masyarakat untuk memberikan kenyamanan saat menunu kampung halaman merayakan Idul Fitri.

Program “Mudik Asik Bersama BUMN” merupakan sinergisitas Kementerian BUMN dan 84 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN.

Pada tahun ini, “Mudik Asik Bersama BUMN” akan melayani 80.215 pemudik yang terbagi dalam tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit bus, 60 unit kereta api, dan 15 unit kapal laut, dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Rayakan HPN, ANTARA gelar Pameran Foto "PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN"

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024