Salah satu objek wisata  unggulan di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan yaitu air terjun Batarius  di Desa Mamigang, Kecamatan Halong mulai dibuka oleh pihak desa setempat.

“Objek wisata air terjun Batarius sudah mulai kita buka, bagi warga Balangan maupun di luar Balangan bisa menggunakan paket wisata yang sudah kita sediakan,” kata Kepala Desa Mamigang Bagus Susanto di Balangan, Selasa.

Baca juga: Banjarmasin jadwalkan 39 kegiatan untuk menarik wisata 2024

Bagus menuturkan untuk paket wisata yang diberikan pihak pengelola yaitu rumah menginap, makan, pemandu wisata dan motor trail untuk langsung ke lokasi objek wisata.

Bagus menjelaskan untuk menuju Desa Mamigang sendiri dari Kota Paringin membutuhkan waktu sekitar satu jam, dengan jalan yang sudah nyaman untuk dilintasi roda dua maupun roda empat.

Kemudian untuk menuju lokasi objek wisata air terjun Batarius dari Desa Mamigang menggunakan motor trail sekitar satu jam, lalu lanjut dengan berjalan kaki sekitar tiga jam hingga sampai di air terjun yang mempunyai ketinggian lebih dari 10 meter ini. 

"Sebelumnya juga sudah ada tim peneliti dari Australia yang sudah ke air terjun Batarius, dari pemerintah daerah melalui Disporapar juga sudah ke objek wisata air terjun ini," jelas Bagus. 

Bagus berharap dengan adanya paket wisata diharapkan semakin banyak warga Balangan yang ingin berkunjung ke air terjun Batarius, untuk mengenalkan potensi wisata alam di Desa Mamigang dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Terpisah, Bupati Balangan Abdul Hadi beberapa waktu lalu mengatakan potensi wisata air terjun yang ada di Kecamatan Halong merupakan proyek strategis untuk dikembangkan seperti Air Terjun Buntar, Air Terjun Mingwai, Air Terjun Tabur Hasam dan Air Terjun Batarius.

Baca juga: Kalsel berkomitmen wujudkan destinasi wisata ramah anak

Menurut Abdul Hadi selain dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Balangan, objek wisata tersebut juga diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Diketahui untuk mengembangkan wisata air terjun yang ada di Desa Mamigang Kecamatan Halong tersebut, sejak 2023 lalu Pemkab Balangan telah melakukan pembangunan jalan yang bekerjasama dengan Kodim 1001 HSU/BLG.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024