Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) terdampak hujan lebat pada Jum'at berlaku mulai pukul 08.00 Wita.

Wilayah yang diprediksi terdampak antara lain di Banjarbaru meliputi Liang Anggang, Landasan Ulin dan Banjarbaru Utara,  di Kabupaten Banjar  meliputi Gambut, Martapura Barat, Sungai Tabuk, Martapura, Martapura Timur, Astambul.

Kemudian di Barito Kuala meliputi Bakumpai, Marabahan, Tabukan, Barambai dan Kuripan, di Tapin meliputi Candi Laras Utara, di Hulu Sungai Selatan meliputi Daha Utara, Daha Selatan.

Baca juga: BMKG : Gempa di Kalsel akibat aktivitas patahan Meratus

Selanjutnya di Hulu Sungai Tengah meliputi Labuan Amas Utara, Pandawan, di Hulu Sungai Utara meliputi Sungai Pandan, Amuntai Tengah, Babirik, Amuntai Selatan, Sungai Tabukan, Danau Panggang.

BKMG mengeluarkan imbauan agar waspada karena dampak yang ditimbulkan seperti jembatan yang rendah tidak bisa dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Juga terjadinya volume aliran sungai meningkat hingga mengakibatkan banjir, serta aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktifitas masyarakat dalam skala menengah.

Baca juga: BMKG: Gempa tektonik magnitudo 4,7 guncang Kalsel dan Kalteng

Adapun yang harus dilakukan warga apabila terdampak, agar berhati-hati beraktifitas di luar rumah, memperbaharui informasi melalui media massa maupun media sosial.

Selain itu, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktifitas di luar rumah jika tidak mendesak, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024