Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor meminta petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berperilaku jujur saat penghitungan surat suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya minta petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dapat menjalankan tugas sebaik mungkin dengan menyelesaikan perhitungan suara dari pencoblosan,” kata dia saat memantau TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu.

Baca juga: Gubernur Kalsel apresiasi petugas TPS sukseskan pemilu

Sahbirin mengapresiasi petugas di TPS yang sudah mulai bekerja sejak pagi hari sebelum jam menunjukkan jadwal pencoblosan.

“Saya ingatkan lagi petugas KPPS harus berperilaku jujur, tegas, dan cermat, agar memberikan keadilan bagi peserta pemilu maupun masyarakat,” ujarnya.

Gubernur Kalsel bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat memantau beberapa TPS di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Pemantauan TPS, kata dia, untuk mengetahui kondisi keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pencoblosan yang dilakukan masyarakat.

Baca juga: Gubernur Kalsel ingatkan ASN tiga poin penting mengawali anggaran 2024

Menurut Sahbirin, masyarakat sangat antusias memberikan hak suaranya di TPS untuk memilih mulai dari calon legislatif kota/provinsi/pusat, perwakilan daerah, hingga calon presiden dan calon wakil presiden.

Setelah meninjau beberapa TPS, dia memastikan seluruh tahapan pencoblosan di daerah itu berjalan dengan aman dan kondusif.

Ia mengajak masyarakat ikut mengawal jalannya proses demokrasi hingga selesainya perhitungan surat suara pada Pemilu 2024.

“Saya minta masyarakat dapat menerima apapun hasil pemilihan umum ini, dan saya juga melihat masyarakat sudah menjalankan kewajiban dengan baik,” ujar Sahbirin.

Baca juga: Gubernur Kalsel pimpin ikrar ASN untuk netralitas pada Pemilu 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024