Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul tipis  melalui hitung cepat sementara Pusat Data Terpadu Pemilu 2024 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak 47 persen (49.757 suara) dari data masuk sekitar 59,78 persen.

Perhitungan cepat tersebut hingga pukul 18.06 Wita di pusat data Pendopo Bupati HSS, mencatat perolehan untuk pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 46,8 persen (48.789 suara), dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 5,6 persen (5.793 suara).

"Kita melakukan rekapitulasi dari hasil Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, berbasis dari data kecamatan, dihimpun baik secara manual maupun online," ujar Kabag Tapem Pemkab HSS Lothvie Rahmani di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Pj Bupati HSS dan forkopimda tinjau pelaksanaan pemilu di wilayah Daha

Dijelaskan dia, data yang masuk dihimpun dari para camat yang melakukan pemantauan pada setiap TPS di wilayahnya, kemudian dikirim ke pusat data terpadu.

Pusat Data Terpadu Pemkab HSS ini melibatkan unsur dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik HSS, bagian Tapem Pemkab HSS dan Dinas Komunikasi dan Informatika yang bekerja secara realtime, memasukkan data untuk rekapitulasi hitung cepat.

"Tim kita mulai bekerja saat perhitungan selesai di TPS, dan diperkirakan akan berlangsung sampai besok, Kamis atau kurang lebih waktu dibutuhkan sekitar 18 jam," ujarnya dalam keterangan.

Baca juga: Ratusan warga binaan Rutan Kandangan gunakan hak pilih

Menurut dia, rekapitulasi hitung cepat ini untuk melihat dan memantau proses pemilu di Kabupaten HSS dan kepentingan data internal pemerintah daerah, serta berbeda dengan real count yang menjadi domain dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Adapun rincian data suara masuk di hitung cepat sementara juga mengacu pada jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten HSS sebanyak 174.547, dan hingga saat ini telah masuk jumlah sementara di hitung cepat  sebanyak 104.339 suara dari total  DPT HSS yang ada.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024