Sebanyak 256 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggunakan hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ratusan warga binaan tersebut menyalurkan hak pilih pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus 901 di lingkungan Rutan Kelas IIB Kandangan, Rabu.

Kepala Rutan (Karutan) Kandangan, Feri Hermawan di Kandangan, mengatakan pada Pemilu tahun 2024 kali ini ada sebanyak 94 orang warga binaan yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca juga: Pj Bupati HSS dan istri gunakan hak pilih di TPS 16 Kandangan Kota

“Sedangkan yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) ada sebanyak 162 warga binaan yang terdiri dari narapidana dan tahanan,” kata Feri.

Selain 256 orang warga binaan tersebut, proses pemungutan suara di TPS Khusus 901 juga diikuti oleh puluhan petugas Rutan Kelas IIB Kandangan yang juga tercatat sebagai DPTB.

Tercatat sebanyak 29 petugas yang ikut menyalurkan hak pilihnya di Rutan Kandangan, sehingga total pemilih di TPS Khusus 901 Rutan Kandangan berjumlah 285 orang.

Baca juga: Pj Bupati dan Forkopimda HSS kembali keliling TPS pastikan kesiapan pemilu

Dalam proses pemungutan suara di TPS Khusus 901 Rutan Kelas IIB Kandangan dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama diikuti oleh warga binaan yang terdaftar sebagai DPT.

Sedangkan, untuk tahap kedua diikuti oleh warga binaan dan petugas Rutan yang masuk dalam DPTB.

“Alhamdulillah pelaksanaan pemungutan suara di Rutan Kandangan berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti,” terangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024