Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah, menyampaikan seluruh fasilitas kesehatan di HSS akan tetap beroperasi, saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS juga akan menyediakan layanan kesehatan keliling, dengan menggunakan mobil ambulan ke setiap TPS yang ada.

"Pelayanan di seluruh puskesmas yang ada di 11 kecamatan akan tetap buka, dan beroperasi dari pagi hingga perhitungan hasil suara selesai dilaksanakan," kata pj bupati, di sela peninjauan keliling kesiapan TPS, di Simpur, Kabupaten HSS, Selasa.

Baca juga: Ribuan personel Pemilu HSS amankan 781 TPS

Dijelaskan dia, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran untuk semua puskesmas agar tetap buka, termasuk nantinya sampai waktu perhitungan suara.

Adapun patroli ambulan dimaksudkan agar bisa masuk ke lokasi TPS-TPS, dalam menangani kalau ada petugas KPPS yang sakit.

"Upaya tersebut kita harap dapat meminimalisir resiko gangguan kesehatan para petugas KPPS, yang dapat menghambat jalannya pemungutan suara," ujarnya.

Baca juga: KPU HSS bahas logistik Pemilu bersama mitra

Dan menjadi penting dalam mengamankan petugas yang sakit, karena pihaknya sebagai aparat harus menyiapkan penanganan sekecil apapun permasalahan yang terjadi di lapangan.

Tak lupa, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam pemilu, demi menjaga demokrasi dan menentukan pemimpin yang terbaik di masa mendatang.

"Peninjauan kita hari ini memastikan semua persiapan pemilu berjalan dengan baik, serta mendukung pelaksanaan yang jujur, adil dan transparan," terangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024