Almukaram Tuan Guru Haji Madyan Noor Mar'ie mengungkap tabir Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad Saw dalam tausiyahnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Rabu malam.

Tuan Guru mengungkapkan tabir  tersebut dalam peringatan Isra & Mi'raj Nabi Besar Muhammad Saw dengan tema "Isra & Mi'raj Adalah Peningkatan dan Ujian Keimanan Kepada Allah dan Rasul Nya".

Baca juga: Ustadz Aspani ungkap rahasia ayat pertama Surah Al Isra

Menurut Tuan Guru yang lama menimba ilmu agama di Mekkah dan Madinah Arab Saudi bergelar "Lc" dan"MA" tersebut, memang peristiwa Isra Mi'raj merupakan peningkatan dan ujian keimanan seorang Muslim kepada Allah SWT dan Rasul Nya.

Selain menerangkan perjalan Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga naik ke langit ketujuh sampai Sidratul Muntaha, Tuan Guru Madyan mengungkapkan bahwa ketika berada di Arsy atau dekat Allah SWT, Rasulullah melihat sesuatu dan berbau harum tiada terhingga.

"Rasulullah Saw pun berdialog dengan Allah SWT atau menanyakan sesuatu yang harum tiada terhingga tersebut. Allah pun menyatakan, bahwa itu gambaran tempat seseorang yang tidak pernah lupa dengan Allah seperti shalat," kutipnya.

Selain itu, orang tersebut pikiran atau hatinya selalu mau ke masjid dan tidak pernah durhaka dengan orang tua, lanjut mantan Ketua Persatuan Qari dan Qariah DKI Jakarta tersebut mengutip ceritera Isra Mi'raj Rasulullah Muhammad Saw.

Baca juga: Ustadz Aspani nyatakan tidak ada perjuangan tanpa rintangan atau tantangan

Keponakan almarhum H Idham Chalid - mantan Wakil Perdana Menteri (Waperdam) II masa Presiden Soekarno itu menambahkan, bahwa ketika dialog di Arsy tersebut Allah menawarkan permintaan apa yang Rasulullah mau.

"Namun Rasulullah tidak menjawab langsung tawaran Allah tersebut, tapi secara diplomasi menceritakan Nabi-Nabj terdahulu antara lain Nabi Sulaiman alaihi salam (as), Nabi Musa as dan Nabi Isa as. Akhirnya Allah menyatakan; 'Engkau Ya Muhammad kekasih Ku (Habibullah)," lanjut Madyan.

Oleh karena itu, kalau mau pula menjadi kekasih Allah cintai Rasulullah Saw dengan pengertian mengikuti Sunnah Beginda Rasul tersebut.

"Peringatan Isra Mi'raj salah satu bentuk kecintaan kepada Rasulullah Saw, dan mendengar riwayat hidup Nabi Muhammad Saw juga merupakan ibadah," demikian Madyan Noor Mar'ie.

Baca juga: TGH Zainuddin ingatkan bagi mereka yang bahil atau pelit

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024