Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Pjs Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi akhirnya resmi dilantik menjabat kepala Kanwil Kemenag Kalsel secara definitif.

Kabag Humas Kanwil Kemenag Kalsel melalui telepon dari Banjarmasin, Senin, mengatakan, Noor Fahmi secara resmi dilantik oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di gedung Kementerian Agama RI, Jakarta, Senin.

Menurut dia, mantan Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalsel sejak 2010 itu menggantikan jabatan yang ditinggalkan H Muhammad Tambrin karena mendapat promosi jabatan sebagai Direktur Urusan Agama Islam (Urais) dan Bimbingan Syariah (Binsar) di Ditjen Kemenag RI.

"Pak Fahmi sudah dipercaya sebagai Pjs Kepala Kanwil Kemenag Kalsel sejak Juli 2016, hingga dilantik secara definitif sekarang," ujarnya.

Dari amanah yang disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ujar Hidayaturrahman, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel selanjutnya ini diminta mengoptimalkan kualitas pelayanan keagamaan, terlebih pada fungsi ujung tombak dan etalase Kemenag.

"Pak Menteri mengumpamakan seperti pelayanan nikah, pemberdayaan zakat, wakaf, manasik haji serta kerukunan umat beragama di tataran akar rumput," sebutnya.

Selanjutnya, kata dia, integritas Kantor Urusan Agama (KUA) yang bersih dan melayani serta pelaksana kursus bimbingan pra nikah harus menjadi perhatian serius juga.

Selain itu menteri juga meminta, ucapnya, agar pengembangan sumber daya manusia dan membangkitkan kreativitas birokrasi agar lebih mampu, siap dan sigap mengantisipasi tantangan perubahan sosial dan kemajuan teknologi informasi di era digital ini.

"Kata beliau bertugaslah sesuai sistem, efektif, efisien, modern dan profesional," tutur Hidayaturrahman.

Sementara itu, Noor Fahmi menyatakan tugas sebagai kepala Kanwil Kemenag Kalsel ini merupakan amanah yang tidak ringan, tapi dirinya akan bekerja sebaik mungkin demi kemajuan ke depan.

"Saya berharap didukung semuanya, dan ini berkat dukungan semuanya pula," ujarnya lewat telepon.

Dia pun menyatakan, akan segera menghadap kepala daerah atau gubernur, selain melapor sekaligus untuk meningkatkan sinergitas kerja sama antara pemerintah daerah dan Kanwil Kemenag.

"Semoga kita saling mendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016