Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, H Ansharuddin, berharap peran serta dari desa hingga perkotaan dalam upaya membangun "Bumi Sanggam".

Dikatakan Bupati Balangan, H Ansharuddin saat pertemuan Forum Komunikasi Persatuan Kepala Desa (Forum Perkades) se Kabupaten Balangan, di Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (10/10).

Bahwa sesuai Undang-Undang Desa, diharapkan ada peningkatan peran desa dalam pembangunan maupun pemerintahan, kata BUpati.

"Untuk memenuhi harapan undang-undang tersebut, salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) atau aparatur desa," ujarnya.

Tentu banyak cara dan program untuk keperluan ini, yang dapat dirumuskan oleh Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), maupun dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, yang bisa diwakili oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD).

Yang sangat jelas di depan mata kita saat ini, sampai Ansharuddin, forum perkades juga dapat dioptimalkan yang pada intinya juga meningkatkan kualitas SDM kepala desa itu sendiri.

selain sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi, forum ini juga harus dioptimalkan untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi dan pengalaman di antara sesama kepala desa, selaku ujung tombak atau tangan pemerintah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Forum perkades adalah wadah, tempat berkumpulnya para kepala desa untuk menggali, menampung dan menyalurkan aspirasi, menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan dalam kerangka memperoleh kebersamaan dan kepedulian sesama kepala desa," sampai Anshar.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016