Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meninjau Kampung Warna Warni di Desa Padangin Kecamatan Tanta sebagai salah satu potensi unggulan di wilayah tengah "Bumi Saraba Kawa". 

"Keberadaan Kampung Warna Warni Desa Padangin ini bisa berdampak positif bagi warga sekitar khususnya yang memiliki usaha warung," kata Anang di Tabalong, Senin.

Baca juga: Pemkab Tabalong distribusikan bantuan bibit ayam kampung di tiga desa

Selanjutnya kampung yang dibangun dari dana desa dan APBD Kabupaten Tabalong 2023 ini akan dikembangkan dengan kehadiran UMKM lokal, seperti kerajinan batik dan cemilan khas Tabalong.

Kampung Warna Warni dibangun dari dana desa sebesar Rp80 juta dan APBD Kabupaten Tabalong 2023 mencapai Rp125 juta melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Perkimtan).

Dana tersebut digunakan untuk kegiatan pengecoran jalan sepanjang 48 meter dan siring sekitar 23 meter, sedangkan cat pewarna mendapat bantuan dari pihak swasta.

Baca juga: Warga Kampung Meho Tabalong kini bisa nikmati fasilitas listrik

Camat Tanta Ady Fajar mengatakan Kampung Warna Warni ini menjadi percontohan di wilayah "Banua Enam" dan salah satu unggulan di Kecamatan Tanta terutama Desa Padangin.

"Kita berharap tiap desa punya potensi unggulan salah satunya kampung warna warni Desa Padangin hasil kolaborasi pemerintahan desa dan kabupaten," tutur Ady.

Selain meninjau Kampung Warna Warni yang dihuni 20 kepala keluarga ini, Bupati Tabalong juga meresmikan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan Tanta.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong membangun BPP Tanta yang sebelumnya berlokasi di Desa Maburai.

Baca juga: DKP2TPH Tabalong berikan bantuan alsintan lima kampung hotikuktura

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024