Martapura, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengikuti kegiatan gotong royong memungut sampah "babarasih mamutik ratik" yang digelar Forum Komunitas Hijau (FKH) Intan Barakat Kabupaten Banjar, Disperkim dan BLH Kabupaten Banjar di area halaman samping kiri SDN Jawa 5 Martapura, Jumat (7/10).

Tanpa basa-basi, diiringi gerimis hujan yang turun, H Saidi langsung menggambil cangkul dan mulai membersihkan yang mulai dipenuhi dengan rumput-rumput liar dan sampah sisa bahan bangunan.

Secara spontan para orang tua murid SDN Jawa 5 yang menunggu anak-anak nya pun turut antusias membantu Wakil Bupati Banjar membersihkan area disekitar sekolah.

"Kami terkejut melihat beliau mau turun tangan mencangkul dan manjumput ratik. Spontan saja kami tergerak untuk turut membantu. Ini demi kebersihan dan kenyamanan anak-anak kami juga yang belajar disekolah ini," ucap Musthafi salah satu orang tua murid.

Saat dimintai keterangan, H Saidi Mansyur mengatakan kegiatan gotong royong bersama FKH Intan Barakat, Disperkim Kabupaten Banjar dan BLH Kabupaten Banjar ini memang merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan Kota Hijau mengingat keikutsertaan masyarakat sebagai motor penggerak utama gerakan Hijau serta pembawa perubahan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan keterlibatan serta peran aktif masyarakat dalam mewujudkan Kota Hijau.  Kontribusi masyarakat sangat kami harapkan terutama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian alam disekitar wilayahnya," terang Wabup.

Kegiatan gotong royong yang dimulai dari Jalan Menteri Empat (area RTH Albasia Martapura) hingga Tugu Adipura Kencana ini turut mengundang antusias dari warga sekitar yang turut tergerak untuk membantu memungut sampah "mamutik ratik" disetiap area yang dilewati Pasukan Hijau serta puluhan anggota FKH Intan Barakat.(bom/F)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016