Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - DPRD Kalimantan Selatan mengajak semua pemangku kepentingan serta kalangan generasi sekarang agar mewariskan lingkungan hidup yang baik hingga anak cucu.

Guna menjaga lingkungan hidup tetap baik buat generasi mendatang, DPRD Kalsel menyampaikan Raperda inisiatif tentang Rencana Pelindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) di provinsinya pada rapat paripurna dewan tersebut di Banjarmasin, Kamis.

Pengajuan Raperda atau pembentukan Perda RPPLH tersebut bertujuan antara lain untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, dan aparatur pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengawasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Kemudian untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, serta mewujudkan lingkungan hidup yang bersih, sehat, rapi, hijau dan indah, yang sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.

Selain itu, melestarikan dan mengembangkan kemampuan dan fungsi lingkungan hidup sebagai sumber penyangga kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tujuan lain, melindungi dan meningkatkan kualitas ekosistem ekoregion dan atau daerah aliran sungai (DAS), serta menjadi dasar dalam penyusunan dan evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman SH, dengan agenda penjelasan Raperda RPPLH yang disampaikan Safruddin H Maming dari Komisi III lembaga legislatif itu, hadir pula gubernur setempat, H Sahbirin Noor.

Sedangkan Raperda RPPLH itu atas usul Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalsel yang juga membidangi pertambangan dan energi, serta lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama atau dalam rapat paripurna itu DPRD Kalsel menyampaikan penjelasan Raperda kearifan lokal yang inisiatif dewan tersebut atas usul Komisi IV bidang kesra lembaga legislatif setempat.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016