Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru turun langsung memantau saluran drainase di beberapa titik di perkotaan saat hujan turun.

"Kami beserta tim memastikan drainase dan saluran air dapat berfungsi dengan baik," kata Kadis PUPR Suprapti Tri Astuti di Kotabaru, Kamis.

Astuti mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada saat hujan mengguyur wilayah perkotaan yang terdapat genangan air di beberapa tempat akibat hujan deras mengguyur "Bumi Saijaan".

"Setelah kita pantau tim langsung melakukan pembersihan drainase yang tertutup oleh sampah dan material keras lainya," ujarnya.

Selain drainase,srikandi PUPR tersebut juga memeriksa kondisi sungai Baharu masih dalam keadaan relatif aman dengan ketinggian air masih normal.

"Kami juga memeriksa sungai di samping Gor juga dalam kondisi aman dan arus sungai masih lancar tidak ada material sampah besar yang menyumbat aliran air dari hulu ke hilir," katanya.

PUPR terus berupaya mengurangi genangan air di jalan perkotaan dengan memaksimalkan pembersihan drainase yang tersumbat serta melakukan rekayasa agar aliran air dapat berfungsi dengan baik.
Kadis PUPR pimpin pembersihan drainase (ANTARA-Kal-sel HO PUPR Kotabaru)

Pemerintah terus berupaya membenahi infrastruktur khususnya seluruh saluran drainase di yang menjadi penyebab genangan air.

Selain itu Astuti mengakui pihaknya telah berupaya mempersiapkan penanganan banjir jangka panjang yang melanda perkotaan di saat hujan tiba.

"Semoga apa yang sudah kita rencanakan dan upayakan mampu menjawab permasalahan banjir di saat musim hujan datang," demikian Suprapti Tri Astuti.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024